• Home »
  • Article »
  • Yamaha Tenere 700 Resmi Dirilis, Siap Jelajah Dunia On Road & Off-Road

Yamaha Tenere 700 Resmi Dirilis, Siap Jelajah Dunia On Road & Off-Road

Setelah wira-wiri ke sejumlah pameran otomotif dunia dalam beberapa tahun terakhir, Yamaha akhirnya resmi meluncurkan motor petualang barunya di EICMA 2018, Milan. Motor itu tidak lain dan tidak bukan adalah Tenere 700, sebuah motor adventure dengan desain sangat keren, gagah, kekar, dan memiliki aura off-road yang sangat kental. Asli deh desain Tenere 700 nggak jauh beda dengan versi konsep dan prototipe yang sudah nongol beberapa tahun terakhir ini. Gimana spesifikasi motor ini? Kalau masuk ke Indonesia bakal keren nggak nih??

Saat pabrikan lain berlomba-lomba mengeluarkan motor adventure dengan kapasitas mesin besar (1.000-1.300 cc), Yamaha dengan cerdik mengambil jalan yang berbeda. Yamaha memilih bermain di kapasitas mesin lebih kecil (700 cc). Hasilnya adalah Tenere 700 dengan penampilan sangat ciamik dan eye catching. Desain Tenere 700 lebih condong seperti motor balap rally dengan penampilan ramping dan dibalut oleh fairing lengkap dengan windscreen tinggi yang menutupi area dashboard. Empat buah lampu LED di bagian depan semakin membuat penampilan Tenere 700 menjadi lebih beringas. Apalagi Yamaha melengkapi Tenere 700 dengan ban kombinasi ring 18-21 inch sehingga kesan off-road (rally) motor ini lebih kuat lagi.

Soal dapur pacu, Yamaha memanfaatkan mesin dari MT-07 yang berkapasitas 689 cc parallel-twin untuk dipasangkan di Tenere 700. Meskipun demikian, pada Tenere 700 ini Yamaha nggak menggunakan sasis yang sama dengan MT-07. Yamaha benar-benar membangun sasis baru karena motor ini bakal bekerja keras di medan adventure. Kemudian mesin MT-07 juga nggak dipasang mentah-mentah. Yamaha melakukan banyak tweak agar karakter mesin MT-07 cocok dipakai di motor adventure. Sejumlah tweak yang dilakukan antara lain dengan membuat mapping bahan bakar khusus sehingga mesin Tenere 700 memiliki torsi yang melimpah dan power yang cukup untuk dipakai on road dan off-road sekaligus. Selain itu, gearbox juga mendapatkan sentuhan agar semakin pas dipasang di motor dual purpose. Yamaha sendiri mengklaim kapasitas tangki Tenere 700 sebanyak 16 liter dan jika diisi penuh sanggup menempuh jarak sejauh 346 km. Artinya konsumsi bahan bakar Tenere 700 hanya 21,6 km/liter.

Di segmen motor adventure, Tenere 700 diprediksi akan menjadi pilihan yang sangat menarik dan sangat mungkin bisa laris-manis di pasaran. Alasannya? Tenere 700 memiliki desain yang keren, ramping, plus aura off-road nya sangat kuat. Rider petualang jarak jauh yang banyak melintasi jalur off-road bukan mustahil banyak yang melirik ke Tenere 700. Kemudian mesin yang cuma 689 cc dua silinder bukanlah kelemahan Tenere 700. Tapi justru menjadi kelebihan motor ini karena motor sudah bisa melaju cukup kencang di lintasan aspal sekaligus nggak overpower di lintasan off-road. Imbasnya ya Tenere 700 menjadi motor yang sangat menyenangkan buat berpetualang. Mungkin nggak masuk ke Indonesia mas? Bisa saja, meskipun nggak dalam waktu dekat.

Advertisements