Komentar Lima Rider Honda Mengenai Pertarungan di Rally Dakar 2018

Bro sekalian… Via press release yang dikirimkan oleh Honda Racing Corporation (HRC) ke newsroom Adventuriderz.com disebutkan bahwa lima orang rider Monster Energy Honda Team (HRC) yang membalap di ajang balap rally dan Rally Dakar ikut memeriahkan stand Honda di pameran motor terbesar di dunia, EICMA 2018, Milan. Kelima rider Monster Energy Honda Team itu antara lain Joan Barreda, Kevin Benavides, Paulo Goncalves, Ricky Brabec, dan Jose Ignacio Cornejo.

Saat ini kelima rider Monster Energy Honda Team itu nggak punya agenda balap karena musim kompetisi FIM Cross-Country Rallies World Championship 2018. Meskipun demikian mereka nggak bisa santai-santai. Mereka harus mempersiapkan diri dalam menghadapi kompetisi balap rally yang paling bergengsi di dunia, yaitu Rally Dakar pada Januari 2019 mendatang. Di sela-sela kesibukan latihan menjelang Dakar, mereka pun harus ikut ambil bagian di sejumlah acara HRC, termasuk salah satunya nongol di stand Honda yang berada di EICMA 2018 dan nongol di stand sejumlah sponsor utama tim ini seperti Showa, GIVI, Termignoni, dan Alpinestars, serta sejumlah technical partner macam Supersprox, 100%, Twin Air, Renthal, Beta Tools, Tucano Urbano, dan distributor motor off-road Honda di Italia, Honda RedMoto.

Untuk menghadapi Rally Dakar 2019 mendatang HRC tetap mengandalkan motor balap prototipe CRF450 RALLY yang sudah mendapatkan update. Motor ini terbukti tangguh dan battle proven ketika bertarung di FIM Cross-Country Rallies World Championship 2018. CRF450 RALLY mampu merecoki KTM 450 RALLY dan Husqvarna FR 450 RALLY yang sudah cukup lama mendominasi kompetisi ini. Ya meskipun nggak bisa dipungkiri HRC belum bisa meraih gelar juara, namun posisi yang didapatkan para rider HRC sudah sangat baik. Tercatat Paulo Goncalves, Ricky Brabec, dan Kevin Benavides masing-masing berada di urutan empat sampai enam, sedangkan Jose Ignacio Cornejo masih masuk posisi 10 besar. Terus bagaimana persiapan para rider HRC dalam menghadapi Rally Dakar 2019 di Peru? Bagaimana pula strategi mereka? Kita dengar komentar masing-masing rider ya!

Kevin Benavides

Dakar 2019 akan menjadi balapan baru dan kamu harus memulainya dengan membuka diri. Ini adalah tahun yang bagus buatku, memang ada naik turun, tapi aku yakin aku akan sangat kuat. Aku suka Peru, di sana areanya berpasir jadi selama 10 stange membalap di sana bakal penuh dengan pasir. Strategi balapnya bakal berbeda, namun aku akan mencoba mendapatkan kecepatan yang bagus, melakukan pekerjaan yang bagus terkait dengan navigasi, dan mencoba konsisten di setiap stage.

Paulo Goncalves

Kami telah bekerja keras selama tahun ini untuk meningkatkan banyak aspek yang diperlukan di Dakar, termasuk durabilitas motor, dan kami sangat puas dengan hasilnya. Motor rally kami juga mendapatkan sejumlah update pada bagian suspensi dan mesin, yang tentu saja meningkatkan performa sangat baik. Masih ada sejumlah peningkatan kecil di beberapa titik yang memungkinkan kami lebih nyaman, lebih kencang, dan lebih aman. HRC telah bekerja keras sepanjang tahun untuk memberikan motor yang bisa bertarung mendapatkan kemenangan di setiap stage.

Joan Barreda

Kemenangan stage memang penting, tetapi kemenangan di akhir kompetisi pada balap rally adalah hal yang paling penting. Tim telah bekerja keras dan mempersiapkan semua hal agar bisa menuntaskan misi ini dan aku yakin Rally Dakar 2019 akan menjadi tahun yang positif bagi Monster Energy Honda Team.

Ricky Brabec

Aku menjelaskan kepada temanku bahwa berpetualang di Rally Dakar itu sama seperti membalap di Baja 500 selama 14 hari berturut-turut. Tidak ada balap lain yang menguras fisik dan mental sekejam Rally Dakar, ini merupakan pengalaman yang bisa mengubah kehidupan karena kami pulang ke rumah dari Dakar dan beristirahat kemudian menengok kembali dan berkaca pada rally ini bahwa hidup jauh lebih sulit bagi kami dibandigkan dengan bayangan orang. Sangat banyak stres, ketakutan, dan berapa banyak energi yang kami keluarkan melalui tubuh kami.

Jose Ignacio Cornejo

Aku sangat senang bisa bergabung dengan Monster Energy Honda Team, salah satu tim paling penting dalam ajang balap rally. Dalam beberapa tahun terakhir mereka telah menjadi salah satu tim yang menggunakan teknologi palign canggih pada motor dan ini sangat penting. Kami memiliki motor yang luar biasa. Tim sangat profesional dan banyak peduli tentang hal-hal kecil yang berarti kami bisa mendapatkan hasil bagus.

Last… Dalam belasan tahun terakhir KTM amat sangat mendominasi Rally Dakar. Rasanya sangat membosankan kalau setiap tahun selalu KTM yang terus memenangkan Rally Dakar. Nah, salah satu tim yang paling berpeluang mendongkel dominasi KTM adalah Honda. Jika tidak terjadi banyak kesialan seperti Rally Dakar 2019, bukan mustahil Honda kembali menjadi menjadi title contender. Namun Honda juga nggak boleh lengah. Pasalnya tim-tim lain seperti Husqvarna dan Yamaha juga terus menunjukkan perkembangan yang sangat pesat. Mampukah Honda menjuarai Rally Dakar 2019? Yuk share opinimu bro!

Advertisements