• Home »
  • Article »
  • KTM dan Husqvarna Kompak Perkenalkan Mini Trail Elektrik di EICMA 2018

KTM dan Husqvarna Kompak Perkenalkan Mini Trail Elektrik di EICMA 2018

Dua brand bersaudara, KTM dan Husqvarna, terlihat sangat kompak di pameran akbar EICMA 2018, Milan. Pasalnya kedua brand itu sama-sama mengeluarkan motor baru dengan tipe yang sama, teknologi sama, spesifikasi mirip-mirip, dan bahkan target marketnya pun sama. Kalaupun ada perbedaan itu terletak pada hal-hal yang sangat minor. Secara kasat mata perbedaan yang paling kelihatan ada di bagian desain bodywork dan skema warna. Yups, motor itu tidak lain dan tidak bukan adalah sesosok mini trail dengan mesin elektrik bernama KTM SX-E 5 dan Husqvarna EE 5. Motor ini cocoknya untuk siapa??

Target market utama bagi KTM SX-E 5 dan Husqvarna EE 5 pastinya anak-anak yang sedang dalam tahap belajar motor. Soal spesifikasi, keduanya bagai pinang dibelah dua. Sama-sama menggunakan motor elektrik dengan tenaga puncak 5 kW, punya 6 riding mode yang berbeda, pakai baterai lithium-ion berkapasitas 907 Wh, dilengkapi dengan fitur quick charging, ketinggian jok yang bisa disetel, dan sama-sama pakai suspensi WP dengan tipe yang sama persis. Suspensi depan model upside down WP XACT 35 mm dan suspensi belakang mono shock tanpa linkage.

Motor mini trail elektrik macam KTM SX-E 5 dan Husqvarna EE 5 memang cukup rasional untuk anak-anak belajar riding dibandingkan dengan mini trail konvensional bermesin 50/65 cc 2-tak. Alasannya tenaga mini trail elektrik lebih bisa terkontrol. Apalagi pada kedua motor sudah dilengkapi dengan 6 pilihan riding mode. Orang tua bisa menyetel tenaga yang dikeluarkan oleh mesin sesuai dengan tingkat kepiawaian anak dalam membawa motor. Beda dengan mini trail konvensional 50/65 cc 2-tak yang nggak punya kontrol elektronik sama sekali. At least dari sisi safety mini trail elektrik lebih unggul.

Tapi boros daya listrik nggak nih waktu charging baterai? Rasanya sih nggak ya bro… Untuk mengisi daya KTM SX-E 5 dan Husqvarna EE 5 paling nggak membutuhkan listrik rumah dengan daya 900 Watt yang terkoneksi dengan socket listrik 110 Volt atau 230 Volt. Terus berkat fitur quick charging, baterai keduanya dari kosong akan terisi sampai dengan 80% hanya dalam waktu 45 menit, sedangkan dari nol sampai 100% hanya butuh waktu 70 menit saja. Cepet banget ya? Pastinya duit yang dikeluarkan buat charging baterai mini trail ini masih lebih murah daripada beli BBM yang semakin hari harganya terus melambung naik.

Menurut rencana, KTM SX-E 5 baru akan tersedia di dealer-dealer KTM worldwide pada pertengahan tahun 2019 mendatang. Sementara Husqvarna EE 5 akan dijual belakangan, persisnya pada tahun 2020. Bisa jadi kedua motor nggak dijual di Indonesia dengan sejumlah alasan. Mulai dari peminat yang sedikit sampai dengan harga yang nggak bersahabat. Lha wong penjualan mini trail konvensional KTM dan Husqvarna saja nggak laris kok, apalagi ini yang versi elektrik?? Plus sejauh ini KTM Indonesia yang satu group dengan Husqvarna Indonesia belum menjual motor trail elektrik meskipun KTM sudah punya produknya yang buat rider dewasa.

Advertisements