• Home »
  • Article »
  • KTM 790 Adventure R, Jagoan Baru Si Orange di Segmen Motor Petualang

KTM 790 Adventure R, Jagoan Baru Si Orange di Segmen Motor Petualang

Bukan kabar yang benar-benar baru sih bro… KTM memang sudah lama digadang-gadang mengeluarkan motor petualang baru yang masuk di segmen kelas menengah menggunakan mesin dua silinder. Motor itu sudah pernah nongol wujud konsep, prototipe, hingga versi produksi massalnya di sejumlah pameran otomotif dunia. Namun di EICMA 2018, Milan, KTM akhirnya meluncurkan secara resmi motor tersebut. Dia adalah KTM 790 Adventure dan KTM 790 Adventure R. Lantas siapa lawan yang sepadan bagi motor ini??

Well… KTM 790 Adventure dan KTM 790 Adventure R bisa dibilang sebagai motor dengan genre travel enduro. Motor ini dikembangkan oleh KTM bersama dengan beberapa orang rider petualang hebat dunia serta mendapatkan masukan juga dari tim balap official KTM di ajang balap rally, yaitu Red Bull KTM Rally Factory Racing. Makanya nggak mengherankan kalau duet KTM 790 Adventure mempunyai sasis yang sangat bagus, center gravity yang rendah, dan ergonomi riding yang cocok buat berbagai macam ukuran tubuh rider.

Pada dasarnya antara KTM 790 Adventure dan KTM 790 Adventure R adalah dua motor yang mirip. Keduanya dibekali mesin LC8 yang berkapasitas 799 cc dua silinder sejajar. Mesin yang sama juga digunakan pada KTM 790 Duke yang sudah lebih dulu diluncurkan. Meskipun basisnya sama dengan mesin KTM 790 Duke, namun pada mesin KTM 790 Adventure sudah di-tuning ulang agar torsi mesin lebih nampol lagi di putaran bawah sesuai dengan karakter motor petualang. Kemudian mesin ini juga menghasilkan akselerasi smooth, performa lumayan ganas, dan konsumsi bahan bakar yang cukup hemat karena dengan kapasitas tangki 20 liter mampu menempuh jarak sekitar 450 km. Temen-temen mau tahu berapa power motor ini? 70 kW atau setara dengan 94 HP. Cukup ya… Apalagi bobot KTM 790 Adventure dan KTM 790 Adventure R relatif enteng di kelasnya, hanya 189 kg.

KTM 790 Adventure

KTM 790 Adventure R

Nah… Walaupun KTM 790 Adventure dan KTM 790 Adventure R mirip, namun keduanya memiliki sejumlah perbedaan. Dari segi karakter motor keduanya sangat berbeda. KTM 790 Adventure diciptakan untuk riding yang lebih berorientasi on road alias lebih banyak dipakai di jalan aspal. Di sisi lain KTM 790 Adventure R punya aura off-road yang lebih kuat. Itu bisa dilihat dari penggunaan velg jari-jari dengan ukuran 18-21 inch dengan knobby tires, windscreen lebih rendah, dan jok yang lebih slim. So, kalian jangan salah pilih ketika ingin membeli motor adventure. Kalau lebih banyak dipakai touring jarak jauh dengan dominasi lintasan on road, mendingan beli KTM 790 Adventure yang harganya lebih murah. Tapi kalau lebih banyak berpetualang di lintasan off-road nggak ada salahnya langsung ngambil yang KTM 790 Adventure R.

Oh ya, ngomong-ngomong soal desain… Sebagai motor travel enduro, KTM 790 Adventure R ini desainnya agak beda dibandingkan dengan motor tipe travel enduro dari KTM lainnya, sebut saja KTM 1050 Adventure R dan KTM 1290 Super Adventure R. Baik KTM 1050 Adventure R dan KTM 1290 Super Adventure R itu menggunakan fairing yang menyatu dengan bagian headlight. Jadi kesannya mirip seperti motor rally. Sedangkan KTM 790 Adventure R nggak dilengakapi dengan fairing sehingga bodywork samping dan headlight terpisah. Kesannya KTM 790 Adventure R itu lebih mengarah kepada desain motor enduro. Mungkin langkah ini diambil oleh KTM untuk menegaskan KTM 790 Adventure R bisa lebih luwes bermain di medan off-road ketimbang motor-motor petualang lainnya yang sekelas maupun yang berukuran lebih besar.

KTM 790 Adventure

KTM 790 Adventure R

Sepertinya middleweight adventure bike bakal lumayan populer di masa depan. Persaingan di kelas ini pun bakal lumayan sengit. KTM 790 Adventure R akan berhadapan dengan jagoan baru pabrikan garputala Yamaha Tenere 700, BMW F 850 GS Adventure, dan Triumph Tiger 800 XC. Bukan mustahil KTM 790 Adventure R juga bisa menggerogoti market motor petualang yang lebih besar, misalnya Honda CRF1000L Africa Twin yang selama ini sangat laris-manis di berbagai penjuru dunia. Apakah KTM 790 Adventure dan KTM 790 Adventure R akan masuk ke Indonesia? Itu sih pasti… Cuma timeline-nya kapan masih belum jelas. Bisa jadi tahun depan baru dijual di Tanah Air. Harap sabar ya. Maklum motor baru launching biasanya agak lama masuk ke Indonesianya.

KTM 790 Adventure

KTM 790 Adventure R

Advertisements