• Home »
  • Article »
  • Honda Suntik Mati CRF230F dan Digantikan dengan CRF250F… Mantaaap!!

Honda Suntik Mati CRF230F dan Digantikan dengan CRF250F… Mantaaap!!

Tanpa banyak rumor sebelumnya, Honda secara diam-diam menyuntik mati motor off-road CRF230F. Ke depan nggak ada lagi CRF230F di pasaran. Padahal CRF230F tergolong sebagai motor off-road yang sangat tangguh, bertenaga tapi tidak mengintimidasi, spare parts melimpah, perawatan mudah dan murah, serta bandel. Intinya motor ini sangat battle proven di medan off-road. Walaupun Astra Honda Motor (AHM) sebegai ATPM Honda di Indonesia nggak menjual CRF230F, namun faktanya cukup banyak CRF230F berkeliaran di jalur off-road nusantara. Lah itu motor dari mana? Pastinya mereka beli dari importir umum dengan harga yang lumayan fantastis. Sekarang harga baru CRF230F di Indonesia sekitar Rp 85 juta off the road.

Terus apakah berita CRF230F disuntik mati oleh Honda ini jadi kabar buruk buat penggemar off-road? Tentu saja tidak… Justru penggila off-road layak bergembira. Kenapa? Karena Honda sudah menyiapkan pengganti CRF230F dengan meluncurkan CRF250F. Sang pengganti ini punya banyak banget keunggulan, mulai dari kapasitas mesin bertambah sehingga tenaga menjadi lebih nampol, sasis lebih baik, desain lebih fresh, dan dilengkapi dengan sejumlah fitur yang lebih unggul ketimbang CRF230F. IMHO CRF250F sangat pantas menyandang predikat all new bike karena banyak banget hal-hal baru di motor ini!

Berdasarkan rilis yang dikeluarkan oleh Honda, CRF250F masih mengadopsi mesin sederhana SOHC, 2 klep, dan berpendingin udara seperti halnya CRF230F. Hanya saja kapasitas mesin dinaikkan dari 223 cc menjadi 249 cc yang membuat power motor meningkat lumayan signifikan. Lalu mesin CRF250F nggak lagi menggunakan sistem pembakaran karburator karena sudah mengadopsi sistem pembakaran injeksi buatan Keihin. Nice!! Beralih ke sasis… CRF250F sekarang juga pakai sasis yang benar-benar baru bro… Kalau dulu CRF230F pakai sasis model semi double-cradle, maka CRF250F pakai sasis perimeter/twin spar dengan bentuk tubular. Penampilan jadi semakin kece dan nggak terlihat jadul. Apalagi CRF250F dibekali dengan bodywork baru yang tampak modern dengan gurat desain mirip CRF150L yang diproduksi di Indonesia.

Masih kurang puas dengan upgrade di atas? Di bagian suspensi CRF250F memang masih pakai teleskopik buatan Showa di bagian depan dan mono shock dengan linkage di bagian belakang juga buatan Showa. Honda nggak mengganti suspensi teleskopik ini dengan model upside down. Kemungkinan biar harganya masih tetap terjangkau. Meskipun pakai suspensi teleskopik, temen-temen nggak perlu khawatir soalnya diameter suspensinya melar jadi 41 mm!! Ban juga masih dipertahankan berukuran besar 18-21 inch karena motor ini dirancang untuk rider dewasa yang nggak butuh power beringas layaknya motor enduro murni. Tapi ada kabar baik lainnya, rem belakang CRF250F kini pakai cakram. Naik kelas dibandingkan dengan CRF230F yang masih pakai rem tromol. Otomatis kekuatan pengereman CRF250F mengalami peningkatan tajam. Terus di dalam tangki bahan bakar CRF250F dipasangi fuel pump lengkap dengan reserve sensor level. Jadi ketika bahan bakar habis (berada di posisi reserve atau hanya tersisa bensin cadangan), lampu indikator akan menyala. Ini pengingat agar rider segera mengisi bahan bakar. Artinya rider CRF250F nggak perlu memutar kran bensin dari ON ke RES seperti CRF230F ketika bahan bakar habis.

Dengan berbagai macam upgrade yang diberikan oleh Honda, otomatis CRF250F menjadi motor off-road yang sangat atraktif, khususnya di kalangan penghobi trail adventure. Apalagi power mengalami peningkatan, handling semakin oke berkat sasis baru dan tabung suspensi yang lebih besar, sistem braking jauh lebih baik, dengan sistem injeksi mesin bisa di-starter dengan mudah baik itu kondisi panas maupun dingin, dan penampilan motor sekarang jadi semakin keren. Di Amerika Serikat sono CRF250F dijual dengan harga US$ 4.600 atau sekitar Rp 68 jutaan. Unitnya sendiri baru tersedia pada Februari 2019. Mungkinkah masuk ke Indonesia? Kalau lewat AHM jangan terlalu banyak berharap. Misal tertarik langsung kontak importir umum aja!

Advertisements