• Home »
  • Article »
  • Penggemar Dual Sport Wajib Gembira, Honda Bikin CRF450L Rally Street Legal

Penggemar Dual Sport Wajib Gembira, Honda Bikin CRF450L Rally Street Legal

Honda memberikan kabar bagus buat para penggemar motor dual sport (on road – off road), karena mereka secara resmi telah memperkenalkan sebuah motor konsep bernama CRF450L Rally di EICMA 2018, Milan. CRF450L Rally yang punya tampang super keren macam CRF450 RALLY milik tim HRC (Monster Energy Honda Team) di ajang balap Rally Dakar itu memang masih sebatas konsep. Namun bukan mustahil Honda mewujudkan konsep CRF450L Rally dalam wujud motor produksi massal. Sudah sering kok Honda pamer motor konsep, kemudian satu atau dua tahun kemudian diproduksi massal dan dijual ke konsumen.

Nggak bisa dipungkiri penampilan CRF450L Rally keren abis. Beda-beda tipis lah dibandingkan dengan CRF450 RALLY milik para pembalap rally HRC seperti Joan Barreda, Kevin Benavides, Paulo Goncalves, Ricky Brabec, dan Jose Ignacio Cornejo. Tapi soal spesifikasi, performa, jeroan mesin, sasis, dan lain-lain jangan bayangkan CRF450L Rally sama dengan CRF450 RALLY. Keduanya sangat berbeda. Bahkan salah satu rider tim rally HRC, Ricky Brabec, saat di EICMA 2018 bilang nggak tahu-menahu soal konsep CRF450L Rally. Doi buta tentang basic mesin, sasis, maupun spesifikasi CRF450L Rally.

Nah… Konsep CRF450L Rally yang dipajang oleh Honda di EICMA 2018 dibangun menggunakan motor dual sport CRF450L yang belum lama ini diluncurkan. CRF450L itu kemudian diberi fairing yang menyambungkan bodywork samping dengan headlight, dilengkapi tower navigasi, windscreen, kapasitas tangki dibikin besar, knalpot Termignoni, sistem elektronik kelas atas, dan sejumlah komponen yang terbuat dari bahan serat karbon. Persis sekali seperti motor balap rally. Apalagi warna grafis yang dbierikan kepada CRF450L Rally sangat khas dengan warna HRC. Pokoknya keren lah!

CRF450L sendiri mengandalkan mesin Unicam 449 cc berpendingin cairan. Basic mesinnya sih diambil dari motocross CRF450R, tapi sudah di-tuning ulang biar tenaganya jauh lebih jinak dan interval servis lebih panjang. Maklum lah, embel-embel “L” pada CRF450L (dan CRF450L Rally) mengindikasikan bahwa motor itu legal dipakai di jalan raya (bisa memiliki License/street legal). Bukan motor off-road tulen. Hasilnya tenaga CRF450L disunat habis hingga lebih dari separo tenaga CRF450R. CRF450L (dan mungkin CRF450L Rally) hanya memiliki tenaga mesin sekitar 25 HP namun dengan torsi yang tetap melimpah. Pada versi produksi massal nanti CRF450L Rally positif pakai sejumlah komponen penunjang sebagai motor jalan raya. Sebut saja plate holder, mirror, winker, horn, dan lain-lain.

Last… CRF450L Rally kemungkinan baru diproduksi massal sekitar tahun 2020. Tentu komponen-komponen kelas atas yang terpasang di CRF450L Rally versi konsep kemungkinan nggak akan terpasang di versi produksi massal untuk menekan harga jual. Soalnya CRF450L saja harganya sudah tembus US$ 10.400 atau sekitar Rp 155 juta. Kalau pakai banyak komponen mahal seperti versi konsep harganya pasti melambung tinggi. Sejumlah komponen dari serat karbon pasti diganti dengan plastik biasa. Knalpot juga nggak akan pakai merek Termignoni, melainkan pakai knalpot standar yang berukuran besar dan suara silent untuk mengakomodasi catalytic converter agar lolos uji emisi Euro 4 atau yang setara. Begitu pula sprocket, rantai, handlebar, velg, hingga ban yang pada CRF450L Rally versi konsep menggunakan merek papan atas kemungkinan turun kelas pada motor versi produksi massal. Idelanya harga CRF450L Rally nggak boleh jauh-jauh dari CRF450L. Angka US$ 11.000 – 12.000 masih oke. Dan fixed lah, CRF450L Rally menjadi saudara terdekat CRF250L Rally (di Indonesia namanya CRF250RALLY). Hmmm… Kira-kira cocok nggak nih kalau dijual di Tanah Air?

Advertisements