Wisata di Cilacap Sebelum #GasKeHondaBikersDay2018

Akhir pekan ini, 17 November 2018, Honda punya hajat besar di Pangandaran – Jawa Barat. Mereka akan mengadakan pesta akbar bagi para penyemplak motor Honda, yaitu Honda Bikers Day 2018 yang ternyata telah memasuki tahun ke-10 alias genap berumur satu dekade. Sebuah bukti kalau Honda sangat peduli dengan komunitas, bikers, dan pengguna motor Honda.

Diprediksi bakal banyak banget penyemplak motor Honda yang berangkat ke Honda Bikers Day 2018 di Pangandaran. Bahkan kalau nggak salah jumlah bikers yang mendaftar sudah tembus lebih dari 19.500 orang. Bikers dari berbagai penjuru wilayah di Indonesia akan tumpah-ruah di Pangandaran dengan berbagai ragam motor Honda, mulai dari skutik, cub, sport, hingga trail. Soalnya di venue Honda Bikers Day 2018 juga banyak banget acaranya. Apalagi bakal ada bintang tamu group band legendaris Sheila On 7. Oke nggak tuh?

Sepeti biasanya, untuk memeriahkan Honda Bikers Day ini Honda mengundang para blogger dan vlogger otomotif. Total ada lebih dari 20 blogger dan vlogger dari berbagai wilayah yang diundang, termasuk salah satunya Adventuriderz.com. Sekarang semua blogger dan vlogger sudah berkumpul di Cilacap – Jawa Tengah. Besok, 17 November 2018, kami agendanya touring menggunakan motor dengan rute Cilacap – Karangpucung – Pangandaran. Jarak rute touring nggak terlalu jauh. Paling sekitar 100 km. Motor yang dipaksa touring apa mas? Nggak tahu, baru besok kita bisa lihat apa unit yang digeber. Tapi kemungkinan sih street bike 150 cc DOHC. Semoga aja menyenangkan. Dan yang paling penting Adventuriderz.com bakal laporkan gimana serunya Honda Bikers Day 2018 di Pangandaran.

Oh ya. Untuk hari ini kami berwisata di sekitar Cilacap. Pertama, kami mengunjungi Benteng Pendem yang berada di dekat pantai. Kemudian kami juga pergi di sejumlah spot di Pulau Nusakambangan yang sangat terkenal sebagai pulau penjara di Indonesia. Ya memang itu nggak mengherankan, karena para narapidana kelas kakap dan dianggap berbahaya banyak yang diisolasi di Pulau Nusakambangan. Tapi terlepas dari fungsinya sebagai pulau penjara, Nusakambangan menyimpan banyak potensi wisata dan banyak spot yang asyik dikunjungi. Salah satu yang kami kunjungi adalah Karang Bolong Pasir Putih. Untuk sampai di lokasi ini kami mesti menyeberangi menggunakan perahu dan bersandar di pantai dengan pasir putih. Rupanya jika tracking ke dalam pulau dari pantai ini kita bisa menemukan benteng-benteng tua yang jelas bikinan para penjajah di masa lalu. Bangunannya nggak kira-kira kuatnya dengan dinding yang sangat tebal. Lebih keren lagi bangunan benteng itu udah penuh dengan tumbuhan yang bikin kesan lebih angker!

Selain itu, kami juga sempat melihat pintu masuk Lapas Nusakambangan. Jelas cuma lihat penampakan pintu masuk lapas sebentar tanpa turun dari perahu. Kenapa? Karena lokasi Lapas Nusakambangan termasuk restricted area. Nggak sembarangan orang bisa keluar masuk ke sana. Tapi paling nggak itu udah cukup menuntaskan rasa penasaran kami, bisa melihat pintu masuk lapas yang biasanya sangat tenar saat ada eksekusi mati narapidana. Dan nggak nyangka aja ternyata kota kecil Cilacap menyimpan segudang tempat wisata eksotis. Oke segitu dulu celotehan Adventuriderz.com. Sekarang mau istirahat dulu. Sampai ketemu di venue Honda Bikers Day 2018 ya!

Advertisements