2019-2020 Persaingan di Segmen Motor Trail Bakal Semakin Seru!!

Temen-temen sekalian… Dalam waktu satu hingga dua tahun ke depan diprediksi persaingan di segmen motor trail brand Jepang bakal semakin bergairah, seru, dan panas. Kenapa? Karena ke depan bakal banyak produk-produk trail baru dari brand Jepang yang dibikin secara lokal di Indonesia. Persaingan antar pabrikan yang berkiprah di Tanah Air tentu saja harus disambut hangat lantaran bisa menguntungkan konsumen. Para penghobi motor trail bisa memilih beragam varian motor trail dengan harga yang kompetitif. Bagaimana peta persaingan motor trail lokal ke depan?

Saat ini cuma ada dua pabrikan Jepang yang memproduksi motor trail di Indonesia. Pertama jelas Kawasaki Motor Indonesia (KMI) yang memproduksi KLX150 series, dan kedua adalah Astra Honda Motor (AHM) dengan jagoannya CRF150L. Keduanya saling bersaing memperebutkan tahta sebagai raja motor trail entry level. Tapi dalam rentang waktu satu hingga dua tahun ke depan keduanya nggak cuma bersaing berdua saja. Geng Ijo yang mulai melihat KLX150 lunglai oleh gempuran CRF150L mulai menunjukkan pergerakan. Kawasaki kemungkinan memang nggak melakukan upgrade terhadap KLX150, namun ada indikasi Geng Ijo bakal merilis motor trail anyar berkapasitas 230 cc. Untuk sementara kita sebut saja mootr ini dengan nama KLX230. Positioning KLX230 ini memang berada di atas KLX150 dan berada di bawah KLX250S yang masih CBU Thailand. Informasi yang Adventuriderz.com dapatkan KLX230 akan diluncurkan pada tahun 2019. Bisa awal, bisa juga pertengahan. Yang jelas bukan di akhir tahun 2019.

Pabrikan berikutnya yang akan mengeluarkan motor trail entry level adalah Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Bahkan Yamaha sudah melakukan pengetesan sosok calon motor trail anyar ini. Diprediksi motor trail Yamaha mengusung nama WR150R. Basic mesin kurang lebih sama dengan New YZF-R15 dan V-Ixion R dengan mengusung kapasitas 155 cc SOHC, 4-valve, dan berpendingin cairan lengkap dengan fitur VVA (variable valve actuator). Yakin lah mesin motor trail Yamaha ini jauh lebih superior dibandingkan dengan duo KLX150 dan CRF150L. Keluar kemungkinan antara 2019-2020. Selain WR150R ada selentingan kabar Yamaha juga mempelajari XT250 yang basic mesinnya mirip dengan Scorpio 225 milik Yamaha Indonesia untuk dipasarkan di sini. Jika terealisasi XT250 lebih match bertanding dengan KLX230.

Pabrikan terakhir yang sangat mungkin ambil bagian dalam persaingan motor trail tentu saja Suzuki Indomobil Sales (SIS). Berita terakhir menyebutkan bahwa Suzuki masih galau dalam menentukan pilihan mesin bagi motor trailnya. Apakah mengeluarkan motor trail 150 cc dengan mesin SOHC 2-valve ala KLX150/CRF150L atau sekalian pakai mesin DOHC seperti yang sudah terpasang di GSX-S150, GSX-R150, GSX-150 Bandit, dan Satria F150. Hmmm… Mesin DOHC Suzuki punya tenaga yang lumayan sedaaaap juga lho!! Gimana? Semoga temen-temen nggak semakin bingung menentukan pilihan motor trail di tahun 2019-2020 mendatang.

Advertisements