Komunitas Honda CRF150L Membanjiri Venue Honda Bikers Day 2018

Di event Honda Bikers Day 2018 yang digelar di Pangandaran, Jawa Barat, Astra Honda Motor (AHM) memang cukup memanjakan para peserta yang datang, nggak terkecuali para rider penyemplak motor trail CRF150L. Akan tetapi, penyemplak motor trail buatan Honda mendapatkan perlakuan yang agak berbeda dibandingkan dengan penyemplak motor-motor Honda lainnya. Kalau penunggang street bike sudah bisa menikmati motornya sejak keluar dari rumah menuju venue Honda Bikers Day 2018, lain halnya dengan penunggang CRF150L. Namanya juga motor trail, nggak asyik rasanya kalau cuma digeber di jalan raya. Bahkan nggak sedikit komunitas CRF150L yang datang ke Pangandaran menaikkan motornya ke atas mobil (towing). Oleh karena itu, panitia Honda Bikers Day 2018 sampai rela menyediakan jalur off-road khusus para penunggang CRF!!

Para penunggang motor CRF ini melakukan off-road pada hari Sabtu (17/11/2018) pagi. Mereka start dari Lapangan Katapang Doyong, Pantai Pangandaran, dan kembali finish di tempat yang sama pada siang harinya. Saat Adventuriderz.com tiba di venue siang menjelang sore hari mereka sudah finish dengan muka-muka lelah tapi puas. Satu hal yang cukup mengejutkan, jumlah rider CRF150L yang datang ke Honda Bikers Day 2018 ternyata jumlahnya cukup masif… Asli banyak banget!! Yang ikutan foto di tengah Lapangan Katapang Doyong saja mungkin ada lebih dari 50 motor. Itu belum termasuk mereka yang leha-leha istirahat di warung-warung yang ada di sekitaran Pantai Pangandaran dan banyak juga rider yang motornya sudah dinaikkan ke atas mobil. Dan kebanyakan yang datang baru berasal dari wilayah Jawa Barat. Gimana kalau penyemplak CRF150L dari berbagai penjuru wilayah di Indonesia ya? Ngeri…

Oh ya… Kalau Adventuriderz.com perhatikan, ada dua aliran utama para penyemplak motor trail CRF150L yang datang ke Honda Bikers Day 2018. Dua aliran ini bisa dibilang paling dominan. Aliran pertama adalah CRF150L off-road, di mana CRF150L sudah dimodifikasi agar siap dipakai di lintasan off-road. Modifikasinya secara umum dengan mengganti knalpot free flow, ban off-road tulen, handlebar yang lebih baik, ganti gear set, dan lain-lain. Kaca spion, nomor polisi, spakbor belakang, lampu sein, dan lampu belakang dicopot biar nggak remuk waktu dipakai off-road. Intinya motor ini dipersiapkan untuk off-road. Aliran kedua adalah CRF150L yang sudah dimodifikasi menjadi supermoto/motard. Untuk aliran kedua ini ban dan velg standar CRF150L dicopot kemudian diganti dengan velg ring 17 inch depan-belakang lengkap dengan ban tapak lebar tipe street. Yups, CRF150L off-road dan CRF150L supermoto lah yang mendominasi di Honda Bikers Day 2018, sedangkan CRF150L standar dual sport justru jadi minoritas.

Advertisements