Tim Factory Yamaha Resmi Hengkang dari Kancah Balap EnduroGP

Kabar buruk kembali menimpa kompetisi Enduro World Championship (EnduroGP). Setelah tim pabrikan Red Bull KTM Factory Racing dan Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing meninggalkan kompetisi Enduro World Championship sejak musim 2018, kali ini giliran tim pabrikan Outsiders Yamaha Official Enduro Team yang hengkang dari kompetisi tersebut. Berarti sudah ada tiga tim pabrikan yang memutuskan keluar dari Enduro World Championship. Apa alasan mereka hengkang ya? Apa mungkin kompetisi Enduro World Championship sudah tidak lagi menarik?

Prestasi Yamaha di Enduro World Championship sebenarnya sangat baik melalui tiga ridernya Loic Larrieu, Jammie McCanney, dan Cristobal Guerrero. Namun tim yang berbasis di Perancis ini akhirnya tumbang karena motor yang mereka pakai WR450F model year 2019 tidak dihomologasikan sebagai motor street legal. Padahal semua motor yang bertarung di kompetisi Enduro World Championship wajib memiliki sertifikat homologasi sehingga bisa menjadi motor street legal alias bisa dipakai di jalan raya. Motor yang mempunyai street legal umumnya sudah comply dengan standar emisi terbaru (Euro 4).

Meskipun demikian, tim pabrikan Outsiders Yamaha masih akan tetap eksis. Konon kabarnya mereka sedang membangun project baru yang menyenangkan, meskipun konsep project baru ini seperti apa belum diumumkan. Kemudian di ajang balap Enduro World Championship Yamaha tetap ikut tapi nggak lewat tim factory. Yamaha tampil di Enduro World Championship melalui tim Johansson Yamaha Racing. Sayangnya formasi tim Johansson Yamaha Racing untuk musim depan belum diumumkan.

Terus bagaimana nasib para rider Outsiders Yamaha Official Enduro Team? Loic Larrieu yang notabene menjadi salah satu rider papan atas Enduro World Championship masih akan bertarung di kompetisi ini. Loic Larrieu dikabarkan bergabung dengan tim pabrikan asal Italia, TM Racing, dan akan menggeber motor 4-tak TM Racing EN 300. Sedangkan Jammie McCanney masih belum ada kabar resmi. Namun doi belum lama ini ikut ambil bagian dalam kompetisi beach race Red Bull Knock Out dan dipastikan tampil di kompetisi beach race Le Touquet di Perancis pada tahun 2019. Jadi bisa kita asumsikan Jammie McCanney dipertahankan oleh Outsiders Yamaha dan menjadi bagian dari project baru!

Dengan hengkangnya tim pabrikan KTM, Husqvarna, dan Yamaha dari Enduro World Championship, maka kompetisi ini semakin sepi dari tim pabrikan. Kebanyakan yang tampil hanya tim-tim privateer. Otomatis pada musim Enduro World Championship 2019 hanya menyisakan Beta, Gas Gas, Sherco, dan TM sebagai tim pabrikan. Nggak heran masa depan Enduro World Championship pun dipertanyakan.

Advertisements