Hadapi Rally Dakar 2019, KTM Hanya Andalkan Empat Orang Rider??

Rally Dakar 2019 akan dimulai sekitar satu bulan lagi. Berbagai kebutuhan logisitik para tim yang berlaga di ajang ini telah dikirim menggunakan kapal laut dari Perancis menuju Peru. Sejumlah tim juga sudah mulai mengumumkan lineup rider yang akan berlaga di Rally Dakar 2019, salah satunya adalah KTM. Brand motor asal Austria melalui KTM Rally Team mengumumkan bakal menggunakan jasa empat orang rider di Rally Dakar 2019. Pengumuman ini bisa dibilang mengejutkan. Kenapa? Karena biasanya tim factory KTM turun dengan lima hingga enam rider!!

Empat orang rider KTM Rally Team ini dibagi lagi menjadi dua. Pertama adalah tim yang mendapatkan support dari Red Bull (Red Bull KTM Rally Factory Racing) berisi tiga nama beken, antara lain juara Dakar 2016 asal Australia Toby Price, juara Dakar 2017 asal Inggris Sam Sunderland, dan juara Dakar 2018 asal Austria Matthias Walkner. Tim KTM yang disokong oleh Red Bull ini bisa dibilang memang tim juara. Kemudian tim kedua yang diturunkan oleh KTM tidak mendapatkan support dari Red Bull, namun mendapatkan support full dari pabrikan. Tim itu adalah KTM Rally Factory Racing dengan satu orang rider wanita Laia Sanz. Doi sangat dikenal sebagai rider wanita paling kencang di ajang balap rally. KTM mungkin nggak memberikan beban target meraih overall winner kepada Laia Sanz. Overall winner ditargetkan kepada Toby Price, Sam Sunderland, dan Matthias Walkner. Tapi cewek asal Spanyol ini berpeluang besar mendapatkan gelar juara wanita terkencang di Dakar 2019.

Sebagai perbandingan, di Dakar 2018 lalu KTM turun dengan mengandalkan enam rider sekaligus. Empat nama di atas ditambah dengan Antoine Meo di sisi Red Bull KTM Rally Factory Racing dan Luciano Benavides di sisi KTM Rally Factory Racing. Belum diketahui alasan KTM mencoret Antoine Meo dan Luciano Benavides. Tapi kemungkinan karena keduanya kurang fit atau KTM merasa sudah cukup menurunkan empat orang rider untuk kembali meraih gelar juara di Dakar 2019. Kalau tidak ada aral melintang, KTM tetap menjadi tim favorit yang bisa menjuarai Dakar tahun depan. Mana nih fans KTM Rally?

Advertisements