Motor Trail Super Enteng Yamaha YZ125X Sudah Nongol di Indonesia

Kabar bagus buat temen-temen penggemar off-road yang udah nungguin motor enduro cross-country Yamaha YZ125X. Pasalnya motor itu udah resmi masuk ke Indonesia dan tersedia di sejumlah jaringan dealer Yamaha CBU Offroad Indonesia (Dr. No Offroad Industries). Unit yang masuk adalah generasi terbaru model year 2019, sekaligus untuk melengkapi varian motocross YZ125 yang lebih dulu dipasarkan di Tanah Air. Penasaran dengan harganya??

Bisa dibilang YZ125X itu bukan motor yang dijual secara bebas di pasar global. YZ125X baru diluncurkan dan dipasarkan di Jepang dan beruntung Indonesia sepertinya menjadi negara kedua di dunia yang memasarkan YZ125X setelah Jepang. Umumnya motor seperti YZ125X digunakan untuk balap Grand National Cross-Country (GNCC). Tapi di Indonesia balap cross-country nggak populer atau malah nggak ada sama sekali. Di sini konsumen memakai motor seperti YZ125X untuk kebutuhan off-road adventure yang biasa dikenal dengan sebutan trabas alias ngetrail.

YZ125X memang dikembangkan dari basis motocross YZ125. Nggak heran kalau keduanya memiliki cukup banyak persamaan. Namun tentunya ada sejumlah perbedaan. Basic mesin dan masih sasis sama. Hanya saja mesin 125 cc 2-tak itu di-tuning ulang dengan kompresi yang lebih rendah sehingga menghasilkan power delivery yang lebih nyaman untuk kebutuhan off-road. Kemudian suspensi di-setting ulang biar lebih empuk, menggunakan ban standar motor enduro 18-21 inch (motocross YZ125 pakai 19-21 inch), final ratio gear yang berbeda, dan yang nggak kalah penting YZ125X dilengkapi dengan side stand alias standar samping. Fitur yang disebut terakhir sangat penting bagi sebuah motor off-road. Sayangnya YZ125X masih minus electric starter yang juga jadi fitur vital buat motor off-road.

Satu hal yang pasti, YZ125X telah tersedia di showroom Dr. No Offroad Industries, salah satunya di Dr. No Jabar. Mengenai harga masih belum begitu jelas. Tapi kemungkinan bakal sama atau beda tipis dengan YZ125 yang dibandrol dengan angka Rp 76 juta off the road. IMHO YZ125X bisa masuk ke dalam wishlist para penggemar off-road adventure, terutama yang pengen naik kelas dari 150 cc 4-tak. Walaupun kapasitas mesin lebih kecil, tapi dari segi tenaga YZ125X jauh lebih unggul dibandingkan dengan KLX150 dan CRF150L. Bahkan bedanya bisa tiga kali lipat. Belum lagi bobot YZ125X juga super enteng, hanya 95 kg. Dihitung-hitung YZ125X lebih enteng 20 kg daripada KLX150 dan lebih ringan 27 kg dari CRF150L. Itu belum termasuk harga yang lumayan terjangkau. Minusnya ya itu tadi, nggak ada electric starter… Di Indonesia, YZ125X mesti bersaing keta dengan motor pure enduro asal China yang juga dipasarkan oleh Dr. No Offroad Industries, yaitu GPX Moto TSE250R!

Advertisements