• Home »
  • Review »
  • O’Neal Rider 2018 – Boots Entry Level yang Nyaman Buat Off-Road

O’Neal Rider 2018 – Boots Entry Level yang Nyaman Buat Off-Road

Bro sekalian… Kali ini Adventuriderz.com akan mengulas mengenai salah satu boots yang rutin menemani berpetualang, yaitu O’Neal Rider versi 2018. Ini adalah satu dari dua boots yang jadi koleksi Adventuriderz.com selain O’Neal Element IV. Bisa dibilang keduanya adalah off-road boots entry level dengan harga yang masih masuk di kantong dari brand ternama asal Amerika Serikat, O’Neal. Baik O’Neal Rider maupun O’Neal Element IV menjadi pilihan Adventuriderz.com karena harganya relatif terjangkau, tapi dari sisi safety juga sudah lumayan bagus. Kelasnya jauh berada di atas boots kw yang dijual kurang dari Rp 500 ribu yang biasanya memiliki tekstur sangat lentur sehingga kurang bisa melindungi kaki dengan baik. Terus gimana impresi pakai O’Neal Rider? Bagaimana kalau dibandingkan dengan O’Neal Element IV?

O’Neal Rider versi 2018 milik Adventuriderz.com ini didapatkan dengan bandrol harga Rp 1,65 juta. Sejumlah toko ritel memang menjual boots yang satu ini dengan harga yang cukup variatif, mulai dari Rp 1,6 juta sampai dengan Rp 1,8 juta. Biasanya ukuran kaki nggak normal (46 ke atas) justru kerap mendapatkan harga murah alias diskon, sedangkan ukuran normal (45 ke bawah) harganya normal. Warna O’Neal Rider 2018 yang didapatkan ini sendiri cukup eye catching, kombinasi antara kuning stabilo dan hitam. Warnanya mencolok tapi nggak senorak O’Neal Element IV. Ntah kenapa susah banget dapetin O’Neal Rider berwarna netral hitam atau putih. Kalau ada warnanya, nggak ada nomernya. Nomernya cocok, warnanya mencolok. Hehehe…

Beda dengan O’Neal Element IV yang solnya tergolong halus, O’Neal Rider memiliki sol yang jauh lebih kasar. Di bagian bawah kayak ada grip untuk menjaga agar tidak licin ketika kaki menjejak ke tanah. Ketika dipakai, boots ini terasa nyaman. Kaki Adventuriderz.com yang lebar dan panjang terasa pas menggunakan ukuran 46. Nggak ada gejala sakit atau sempit di sekujur kaki. Tekstur sepatu saat dipakai memang terasa kaku. Tapi nggak kaku-kaku amat lah. Buat ngerem dan mengoper gigi tetap bisa dilakukan dengan luwes. Untuk posisi berdiri maupun duduk di atas motor, boots bisa mencengkeram kuat di footpegs. Nice!!

Nah… Satu hal yang asyik dari O’Neal Rider adalah boots yang satu ini nggak licin ketika dipakai buat off-road. Mau jalur tanah kering maupun becek, boots tetap bisa mencengkeram dengan baik di tanah. Menginjakkan kaki di tanjakan pun nggak masalah. Nggak kepleset! Pasti ini berkat penggunaan sol kasar dan bergerigi pada O’Neal Rider. Sepatu buat off-road harusnya memang begini, nggak licin. Repot banget deh kalau pakai sepatu off-road yang solnya licin. Pertama nggak nyaman, kedua rawan bikin cidera.

Sejauh ini Adventuriderz.com udah pakai boots O’Neal Rider 2018 sekitar empat bulanan. Dalam kurun waktu tersebut boots amat sangat rutin dipakai. Malah bisa-bisa dipakai off-road sebulan dua hingga tiga kali atau malah empat kali. Bahkan karena saking nyamannya off-road pakai boots ini, sepatu O’Neal Element IV nggak pernah dipakai lagi sejak punya O’Neal Rider. Dengan intensitas pemakaian yang cukup sering, belum ada gejala rusak pada O’Neal Rider. Boots masih sangat fit. Kalaupun ada goresan di bagian plastik keras ya wajar. Mungkin efek gesekan dengan frame motor atau tuas gigi perseneling, gesekan dengan pohon atau bebatuan, dan juga gesekan saat terjatuh. Tapi secara umum masih mulus… Masalah minor paling-paling setelah dicuci sistem penguncinya jadi agak keras karena berkarat. Solusinya sih gampang, tinggal semprot dengan cairan anti karat. So, kalau membandingkan antara O’Neal Rider dan O’Neal Element IV buat main off-road, Adventuriderz.com jelas 100 persen pilih O’Neal Rider. Overall puas banget sama boots ini.

Oh ya. Pesen nih buat temen-temen… Kalau mau beli boots buat off-road, pastikan beli yang solnya kasar biar nggak licin waktu dipakai off-road. Kemudian hal berikutnya yang mesti diperhatikan adalah beli boots dengan tahun produksi terbaru. Misal sekarang tahun 2018 ya beli yang produksi tahun 2018. Di dus boots ada kok tanggal, bulan, dan tahun produksi. Kenapa ini mesti diperhatikan? Karena ada temen yang beli boots tanpa check and recheck, ternyata dapat unit stok lama. Baru dipakai sekali terus dicuci langsung rontok semua. Soalnya boots kayak gini walaupun nggak dipakai tetap ada masa expired-nya. Cuma disimpan di lemari tanpa dipakai sekalipun bakal rusak kok.

Advertisements