Terungkap Fakta Viar Menguji Coba Banyak Prototipe Motor Trail

Bro sekalian… Saat ini pabrikan motor lokal yang berbasis di Semarang, Viar Motor Indonesia, punya banyak banget varian motor trail. Mulai dari motor trail mini buat anak-anak sampai dengan motor trail buat dewasa Viar punya. Sebut saja Cross X 70 MT, Cross X 100 MT, Cross X 150 SF, Cross X 150, Cross X 200 GT, Cross X 200 ES, Cross X 250 ES, Cross X 250 EC, hingga varian tertinggi dan paling mahal Cross X 250 SF. Asli lengkap banget… Terlepas dari aneka macam varian motor trail yang sudah ada di pasaran, ternyata terungkap fakta Viar sudah melakukan uji coba terhadap lebih banyak lagi varian prototipe motor trail dari yang 70 cc sampai 250 cc. Sebagian dari prototipe itu ada yang sudah dikeluarkan ke pasaran seperti Cross X 250 ES dan Cross X 250 SF. Tapi ada juga yang belum atau malah nggak dirilis ke pasaran. Seperti apa motor-motor prototipe itu?

Rasanya kita nggak perlu bahas prototipe motor trail kecil (70 & 100 cc) yang diuji coba oleh Viar, karena itu motor lebih condong buat anak-anak. Kita cukup membahas prototipe yang kapasitas mesinnya besar (200 & 250 cc). Itupun yang belum atau tidak dilempar ke pasaran. Buat prototipe yang sudah diproduksi massal dan sudah dilempar ke pasaran seperti Cross X 250 ES dan Cross X 250 SF nggak perlu kita bahas lah ya. Let’s check this out!!

Viar Cross X 200 Versi Nicot

Dari bocoran dokumen yang Adventuriderz.com terima, rupanya Viar telah menguji coba calon motor trail Cross X 200 dengan basis motor dari Nicot Motorcycle. Secara penampilan motor ini cukup gagah dan jangkung, lumayan beda kalau dibandingkan dengan Cross X 200 GT dan Cross X 200 ES yang sudah ada di pasaran. Prototipe Cross X 200 versi Nicot Motorcycle ini mengusung frame model tubular, suspensi depan upside down, suspensi belakang mono shock dengan linkage, ban ring 18-21 inch, headlight ala KTM, dan pakai tangki plastik transparan. Adventuriderz.com nggak akan menampilkan seperti apa fotonya. Tapi temen-temen bisa browsing aja dengan keyword Nicot Hercules 200. Konon kabarnya motor itu menggunakan mesin Zongshen CBB200 dengan model SOHC 2-valve dan berpendingin udara yang sudah ada balancer-nya di mesin sehingga jauh lebih minim vibrasi, lebih nyaman, dan lebih powerful. Satu hal yang cukup menarik, di data yang Adventuriderz.com terima Cross X 200 versi Nicot yang dites Viar mengusung mesin 250 cc. Bakal keluar nggak ya?

Viar Cross X 200 Versi Mojo

Selain menguji coba Cross X 200 versinya Nicot Motorcycle, Viar juga menguji coba prototipe Cross X 200 versi Mojo Racing. Sebagai gambaran, prototipe motor ini berwarna putih, ukuran nggak begitu gede, pakai ban 18-21 inch, suspensi depan upside down, dan frame tubular. Gimana dengan mesin? Mesin pakai 200 cc SOHC, 2-valve, dan berpendingin udara. Soal penampilan kurang lebih mirip atau malah identik dengan Diablo 200x terbaru. Mirip juga sih dengan Gazgas Hummer Pro 250 X. Atau jangan-jangan ketika motor itu masih saudara? Hehehe…

Viar Cross X 250 Versi X-Moto

Prototipe selanjutnya yang diuji coba oleh Viar adalah Cross X 250 versinya X-Moto. Tampang motor ini kurang lebih mirip dengan Cross X 250 EC yang sudah dijual bebas oleh Viar. Nggak diragukan lagi… Dengan frame tubular ala KTM, suspensi depan upside down, dan ban ring 18-21 inch motor ini tampak sangat gagah. Terus apa bedanya dengan Cross X 250 EC? Perbedaan utama terletak di bagian engine. Kalau Cross X 250 EC pakai mesin 250 cc SOHC, 4-valve, dan berpendingin radiator, maka prototipe Cross X 250 versi X-Moto pakai mesin yang jauh lebih sederhana berupa mesin 250 cc SOHC, 2-valve, dan berpendingin udara. Misal diproduksi massal Cross X 250 versi X-Moto ini bisa jadi motor trail 250 cc paling murah yang dimiliki Viar. Setuju diproduksi massal bro?

Viar Cross X 250 Fuel Injection

Ini prototipe yang sudah sangat lama diuji coba oleh Viar tapi nggak juga nongol batang stangnya di pasaran. Yups, doi adalah Cross X 250 dengan sistem pembakaran injeksi (electronic fuel injection). Secara penampilan sangat identik dengan Cross X 250 ES. Terus mesinnya juga sama dengan Cross X 250 ES/EC berkapasitas 250 cc, SOHC, 4-valve, dan berpendingin radiator. Bedanya kalau Cross X 250 ES/EC pakai sistem pembakaran karburator, yang ini sudah injeksi. Tapi IMHO Viar belum pede dan jaringan dealer-nya belum siap dengan motor injeksi jadi jangan heran kalau Cross X 250 injeksi mungkin nggak akan pernah keluar.

Advertisements