• Home »
  • Article »
  • Yamaha Klaim Siap Hadapi Rally Dakar 2019 dengan Andalkan Empat Rider

Yamaha Klaim Siap Hadapi Rally Dakar 2019 dengan Andalkan Empat Rider

Dalam rilis resmi yang diterima oleh Adventuriderz.com dari Yamaha Racing, disebutkan bahwa Yamalube Yamaha Official Rally Team mengaku siap menghadapi Rally Dakar 2019 yang berlangsung kurang lebih satu bulan lagi di Peru. Dalam gelaran kompetisi ke-41 itu Yamaha akan mengandalkan empat orang rider dengan komposisi sama persis seperti Rally Dakar 2018 lalu. Mereka antara lain Adrien Van Beveren, Xavier de Soultrait, Franco Caimi, dan Rodney Faggotter. Mampukah Yamaha berbuata banyak??

Dari segi rider maupun motor sebenarnya Yamaha punya peluang yang sangat bagus untuk mengobrak-abrik dominasi KTM di ajang balap Rally Dakar. Motor yang Yamaha pakai di ajang balap rally, yaitu WR450F Rally, tergolong sebagai motor yang kencang dan reliable. Bukan rahasia lagi Yamaha memang nggak bikin motor khusus rally. WR450F Rally adalah motor yang dibangun dari hasil modifikasi motor enduro WR450F (Baca: Spec Yamaha WR450F Rally 2019 Telah Keluar). Tentu modifikasi yang dilakukan lumayan banyak sehingga WR450F Rally jadi motor yang kompetitif dan nggak kalah kelas dibandingkan motor yang dibangun khusus rally macam KTM 450 RALLY, Husqvarna FR 450 RALLY, atau Honda CRF450 RALLY.

Kemudian dari sisi rider, Yamaha punya Adrien Van Beveren yang nggak perlu diragukan lagi kemampuannya. Bahkan pada Rally Dakar 2018 lalu Beveren sempat mendominasi klasemen di beberapa stage sebelum akhirnya tumbang karena crash hebat. Pada Rally Dakar 2019 nanti Yamaha menargetkan Beveren bisa kembali bertarung memperebutkan gelar juara. Xavier de Soultrait pun nggak kalah kelas. Doi sering kali tampil impresif di papan atas. Sekarang Xavier terus bekerja keras meningkatkan skill bernavigasi dan mematok target bisa masuk podium di akhir balapan Rally Dakar 2019.

Selain Adrien Van Beveren dan Xavier de Soultrait, dua nama lagi rider Yamaha yang patut diperhitungkan. Mereka adalah Franco Caimi dan Rodney Faggotter. Dengan usia yang masih muda, Franco Caimi punya determinasi dan fisik sangat prima untuk berlaga di Rally Dakar 2019. Posisi top 10 bukan mustahil didapatkan oleh Franco Caimi di akhir laga nanti. Lalu Rodney Faggotter yang sudah kaya pengalaman bisa membantu Yamaha dalam mengembangkan WR450F Rally. Di tahun 2018 yang lalu rider asal Australia ini sukses finish di posisi ke-16. Rodney menargetkan bisa finish lebih baik pada Januari 2019 mendatang.

Advertisements