Karet Penutup Knalpot – Piranti Mungil Ini Penting Buat Motor Trail

Sudah sangat lazim motor trail baik 2-tak maupun 4-tak menggunakan knalpot model free flow dengan silencer berdiameter besar. Knalpot free flow di motor trail ini bukan buat gaya-gayaan, keren-kerenan, atau buat bikin budeg telinga, tapi memang diperlukan buat mendongkrak tenaga biar tarikan motor lebih instan, terutama di motor trail off-road yang banyak melewati jalur off-road ekstrem. Masalahnya, lubang knalpot yang gede itu cukup rawan kemasukan berbagai macam benda sehingga diperlukan yang namanya karet penutup knalpot. Ini penting banget! Memang apa aja fungsi karet penutup knalpot?

Konon kabarnya tujuan utama adanya karet penutup knalpot adalah agar tetesan air misalnya saat mencuci nggak masuk ke dalam lubang knalpot. Karena kalau ada tetesan air yang masuk ke dalam lubang knalpot rawan menimbulkan korosi atau karat di knalpot itu sendiri. Ya betul hanya tetesan dan saat mesin menyala air bakal kering terkena panas knalpot. Tapi justru itu masalahnya. Ketika air kena panas knalpot maka karat semakin mudah terbentuk. Belum lagi tetesan air yang masuk ntah itu setelah motor dicuci atau setelah motor kena hujan bisa merusak glass wool knalpot yang berimbas bikin suara knalpot cempreng.

Tapi di luar fungsi utama tadi, ada fungsi lain dari karet penutup knalpot. Ceritanya gini… Hari Jumat (4/1/2019) sore yang lalu Adventuriderz.com mencuci si belalang tempur Kawasaki KLX150L karena keesokan harinya bakal ikut event off-road Anniversary ALTA #1 di Batanghari – Lampung Timur. Si kecil yang belum genap berumur 1,5 tahun ngeyel ikut bantu nyuci si belalang tempur dan ngeyel juga mau pegang selang air. FYI si jagoan kecil memang demen banget sama motor trail. Masalah terjadi ketika ayahnya nyikat bagian ban sehingga nggak mengawasi ketat si kecil. Ternyata eh ternyata, selang dimasukin ke dalam lubang knalpot!! Wedyaaaaaan… Alhasil banyak air yang masuk ke dalam mesin. Nah, masalah ini sebenarnya nggak perlu terjadi kalau Adventuriderz.com nggak lupa memasang karet penutup knalpot saat mencuci motor. Dalam kondisi normal nyuci tanpa bantuan anak-anak atau nyuci di tukang steam pun sangat penting memasang karet penutup knalpot karena pasti ada saja percikan air yang masuk ke knalpot. Apalagi knalpot motor trail itu lokasinya tinggi, sangat memudahkan air masuk saat mencuci, terutama saat menyemprot area jok dan bagian belakang motor.

Berbekal dari sejumlah pengalaman tadi, ada baiknya temen-temen pengguna motor trail dengan knalpot model free flow membekali motor dengan karet penutup knalpot. Karet ini dipasang saat motor nggak terpakai, terparkir di garasi, hingga saat mencuci. Harga karet penutup knalpot nggak mahal kok, mulai dari Rp 50.000 sampai dengan yang Rp 150.000 juga ada. Tergantung merek dan kualitas. Tapi mau pakai yang murah atau mahal nggak terlalu penting. Yang penting knalpot bisa aman nggak kemasukan benda-benda asing terutama air. Salam adventure!

Advertisements