Trail 150 cc dari Suzuki Berpotensi Pakai Engine Gixxer 150

Peta persaingan di segmen motor trail 150 cc bakal semakin menarik di masa depan. Sekarang persaingan baru sebatas antara Kawasaki dan Honda, tapi nggak lama lagi Yamaha bakal ikutan bertarung dan Suzuki pun sangat berpeluang ikut menghadirkan produk motor trail. Pabrikan yang disebut terakhir sejak lama diisukan akan menjual motor trail 150 cc di Indonesia. Apalagi selama ini Suzuki sudah menjual trail DR200S meskipun terbatas untuk instansi kepolisian. Suzuki sepertinya menutup kemungkinan menjual DR200S kepada konsumen umum karena berbagai macam alasan. Mereka lebih tertarik main di kelas 150 cc bareng KLX150 dan CRF150L. Tapi sayangnya sekarang berhembus kabar bahwa Suzuki masih bingung dalam menentukan mesin calon motor trail tersebut. Apakah menggunakan mesin DOHC milik GSX yang powerful atau malah menggunakan mesin SOHC biar harganya kompetitif.

Belakangan ada kabar yang menyebut Suzuki lebih tertarik mencangkokkan mesin SOHC 2-klep berpendingin udara di motor trailnya nanti. Suzuki Indonesia memang nggak punya basis mesin ini. Tapi secara global Suzuki punya mesin spec tersebut yang terpasang di motor naked Gixxer 150 di India. Secara spec mesin Gixxer 150 cukup lumayan. Dengan kapasitas 154,9 cc, mesin itu sanggup memuntahkan tenaga sebesar 14,8 PS dan torsi 14 Nm. Kurang lebih setara atau sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan power dan torsi KLX150 dan CRF150L.

Akan tetapi, kalau Suzuki benar-benar yakin menggunakan mesin SOHC itu artinya mereka head-to-head langsung dengan KLX150 dan CRF150L. Jadi bisa dibilang performa mesin berimbang. Untuk mencuri market, motor trail Suzuki mesti punya value lebih. Misalnya suspensi harus lebih superior. Atau bisa juga dengan strategi harga yang jauh lebih murah seperti yang terjadi di GSX series. Namun permainan harga yang lebih murah pun belum tentu sukses. Nggak sedikit konsumen di Indonesia yang demen dengan motor berpenampilan keren, mesin superior, dan suspensi yahud meskipun harus ditebus dengan harga lebih mahal.

Advertisements