Suzuki Terus Kirimkan Motor Trail DR200S ke Kepolisian

Sejak beberapa tahun yang lalu Suzuki memang mendapatkan kontrak pengadaan motor trail untuk institusi Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Motor yang beruntung menjadi pilihan Kepolisian adalah DR200S, motor dual sport 200 cc yang menggendong mesin SOHC 2-klep berpendingin udara. Asyiknya motor ini nggak diproduksi di Indonesia, melainkan diproduksi di Negara Jepang yang dikenal memiliki built quality sangat bagus. Motor trail DR200S itu disebarkan oleh Polri ke sejumlah divisi mulai dari Brimob, Satlantas, Satreskrim, Sabhara, dan lain-lain. Ternyata sampai tahun 2019 ini Suzuki masih terus mengirimkan DR200S ke Polri!

Nggak begitu jelas sih berapa jumlah pesanan total DR200S dari Polri ke Suzuki. Tapi konon kabarnya nggak kurang dari 6.000 unit. Tentunya motor-motor itu dikirim secara bertahap, bukan langsung 6.000 unit dalam sekali pengiriman. Dari foto yang diunggah oleh Mas Jimi Mardianto di Facebook diketahui bahwa Suzuki mengirimkan DR200S ke Brimob di Provinsi Riau. Deretan DR200S berwarna hitam legam dengan jumlah puluhan unit itu terparkir sangat rapi di dealer Suzuki Riau Jaya Cemerlang. Nggak ada perbedaan mencolok antara DR200S milik Brimob dengan versi standar. Paling bedanya punya Brimob sudah dilengkapi hand guard, lampu rotator, dan sejumlah sticker yang menunjukkan itu motor milik Brimob.

Sebenarnya populasi DR200S di Indonesia yang dipakai oleh Polri sudah lumayan banyak dan tersebar merata ke sejumlah daerah di Indonesia. Adventuriderz.com sendiri beberapa kali melihat motor itu dipakai oleh Satreskrim di wilayah Lampung Timur. IMHO Suzuki mendapatkan durian runtuh ketika sukses menjual DR200S ke Polri. Sayang sekali DR200S nggak dijual kepada konsumen umum dengan berbagai macam alasan, mulai dari belum comply dengan standar regulasi emisi Euro 3 yang berlaku di Indonesia sampai dengan harga yang susah bersaing karena diimpor langsung dari Jepang. Mungkinkah Suzuki bakal melokalkan DR200S di masa depan? Kayaknya sih nggak bro. Misal Suzuki bermain di segmen motor trail mereka bakal lebih memilih mesin 150 cc biar bisa bersaing langsung dengan Kawasaki KLX150 dan Honda CRF150L, bukan dengan mesin 200 cc seperti DR200S. Padahal kalau mau pakai 200 cc bisa menjadi pembeda dibandingkan dengan kompetitor ya!

Advertisements