Membandingkan Harga Trail Kawasaki dan Honda di Bulan Maret 2019

Yups bro… Memasuki bulan Maret 2019 ini kita akan mengintip harga berbagai macam motor trail yang ada di pasaran Indonesia. Dua merek yang akan kita intip harganya adalah Kawasaki dan Honda. Kenapa? Ya karena dua merek inilah yang menawarkan motor trail entry level dengan harga cukup terjangkau. Kawasaki mengandalkan KLX150 series sedangkan Honda nggak mau kalah dengan jagoannya CRF150L yang populasinya semakin banyak, baik itu di jalan raya maupun di jalur offroad. Kira-kira motor trail mana yang lebih mahal? Punya Kawasaki atau Honda?

Kawasaki tetap mengandalkan lebih dari satu varian motor trail di Indonesia. Kasta paling rendah diisi oleh KLX150 (polos) dengan bandrol harga Rp 29,5 juta OTR Jakarta. Nggak sampai Rp 30 juta udah bisa meminang motor trail kan? Tapi tunggu dulu… Sebagai varian paling rendah KLX150 fiturnya otomatis lebih inferior. Basic mesin dan sasis memang sama dengan varian yang lebih tinggi, namun di versi basic ini temen-temen hanya bisa mendapatkan KLX150 dengan ban mungil (16-19 inch) dan suspensi depan teleskopik. Cocok buat rider dengan tubuh rendah tapi kurang cocok buat offroad karena ground clearance motor ini secara umum juga lebih rendah.

Beralih ke varian yang lebih tinggi dari geng ijo ada KLX150 BF. Varian yang satu ini menggunakan ban besar khas motor trail full size yaitu 18-21 inch. Lalu KLX150 BF juga udah pakai suspensi depan model upside down, membuat penampilannya terlihat lebih garang. Di Jakarta KLX150 BF dijual Rp 33,3 juta OTR. Di atas KLX150 BF ada varian lain bernama KLX150 BF Extreme. Penampilan versi extreme sebenarnya sangat mirip dengan varian BF standar. Bedanya KLX150 BF Extreme dibekali aksesoris yang lebih lengkap, sebut saja stang fatbar, handguard, frame guard, skid plate, dan warna grafis yang lebih atraktif. KLX150 BF Extreme bisa ditebus dengan mahar Rp 35,7 juta OTR Jakarta.

Selain menjual KLX150 series dalam bentuk OTR, Kawasaki juga masih aktif menjual motor New KLX alias KLX140G. Motor ini khusus buat offroad. Bisa dilihat dari wujud motor yang nggak dilengkapi lampu-lampu, konsol speedometer, dan berbagai kelengkapan jalan raya lainnya. Walaupun penampilan mesin sekilas terlihat sama dengan KLX150 series, tapi KLX140G menggunakan gear box yang berbeda, karburator berbeda, suspensi depan teleskopik, tidak ada kunci kontak, suspensi belakang full adjustable dengan tabung, swing arm aluminum, bodywork lebih agresif, ban khusus offroad, dan yang nggak kalah penting bobotnya sangat enteng hanya 99 kg. Sebagai perbandingan, KLX150 dan KLX150 BF bobotnya antara 116 kg sampai dengan 118 kg. Jadi jelas KLX140G jauh lebih nyaman buat offroad. Bandrol harganya Rp 36,3 juta saja OFR tanpa surat-surat alias menjadi varian KLX cc kecil paling mahal.

Terus gimana dengan Honda? Pendatang baru di segmen motor trail ini hanya mengandalkan dua varian CRF150L di Indonesia. Itupun hanya beda warnanya saja. Pertama adalah CRF150L Extreme Red, dan kedua adalah CRF150L Extreme Black yang keluar belakangan. Secara umum CRF150L head-to-head langsung dengan KLX150 BF. Honda memang hanya menjual satu varian dengan dua pilihan warna. Konsumen yang menginginkan handguard, frame guard, skid plate, dan berbagai macam aksesoris lainnya bisa dibeli terpisah di dealer Honda. Mungkin Honda berpikiran nggak perlu menjual banyak varian kalau cuma beda di aksesorisnya saja. Aksesoris dijual terpisah agar harga motor bisa lebih murah. Yups, Honda memasang harga CRF150L di angka Rp 32,6 juta OTR Jakarta alias lebih murah Rp 700 ribu daripada KLX150 BF standar. Nice!

Terakhir nih… Di kelas 250 cc Kawasaki dan Honda juga saling sikut. Kawasaki masih PD dengan KLX250S yang sejak launching nggak pernah mendapatkan update signifikan. Di sisi lain Honda mengandalkan motor trail bergaya Rally Dakar bernama CRF250RALLY. Keduanya merupakan motor yang diimpor utuh dari Thailand. Mengenai harga kali ini produk Kawasaki lebih murah dengan tag price Rp 63,1 juta OTR Jakarta dan CRF250RALLY harganya terus naik hingga tembus Rp 71 juta OTR Jakarta. Well… Skor sepertinya berimbang nih bro. Honda menang murah di 150 cc dan Kawasaki menang murah di 250 cc!

Advertisements