Yamaha Umumkan Harga Tenere 700, Cuma Rp 150 Jutaan!

Yamaha Motor Europe menjadi yang pertama mengumumkan harga motor adventure keren bernuansa rally Tenere 700. Ya bukan hal yang aneh kalau Yamaha Eropa yang mengumumkan pertama kali harga Tenere 700 karena mereka juga yang mendesain dan mereka yang meluncurkan motor tersebut. Menurut rilis resmi Yamaha Motor Europe yang masuk ke newsroom Adventuriderz.com disebutkan bahwa Yamaha Tenere 700 dijual dengan harga €9.299 atau setara dengan Rp 150 juta. Tapi itu adalah harga promo bagi konsumen yang memesan produk secara online. Pemesanan online sendiri baru akan dibuka pada 27 Maret 2019 dengan pengiriman motor pertama dilakukan pada Juli 2019. Lantas berapa harga normal Tenere 700?

Masih menurut sumber yang sama, setelah semua pesanan online Tenere 700 dikirimkan kepada konsumen, Yamaha baru akan mengirimkan motor itu ke jaringan dealer Yamaha di Eropa. Harga di dealer ini akan sedikit lebih mahal dibandingkan dengan harga saat konsumen membeli secara online pertama kali. Yups, harga normal Tenere 700 nantinya adalah senilai €9.699 alias sekitar Rp 156 juta. Ya bedanya nggak terlalu signifikan sih. Tapi kan dengan pesan online bisa dapat unit motor lebih awal.

IMHO Tenere 700 adalah motor adventure yang keren dan sangat mungkin mengobrak-abrik market motor adventure middle weight di dunia. Dengan mesin 689 cc dua silinder Crossplane 2 (CP2) bertenaga 72 HP dan torsi 68 Nm, menurut sejumlah testimony motor ini enak dipakai buat on road dan offroad sekaligus. Apalagi ban Tenere 700 layaknya ban motor offroad tulen dengan diameter 18 inch di bagian belakang dan 21 inch di bagian depan. Intinya sih Tenere 700 sangat dipersiapkan untuk kebutuhan adventure di segala medan. Mau on road nyaman karena pakai mesin dua silinder, mau offroad juga nggak masalah karena suspensi, velg, ban, dan sasis sudah dirancang untuk itu.

Kalau melihat harganya, Tenere 700 tergolong murah di Eropa sana. Tapi misalnya masuk ke Indonesia harganya pasti melambung tinggi. Bahkan mungkin Tenere 700 bisa menembus harga Rp 300-350 jutaan. Kenapa? Karena di Indonesia motor dengan mesin lebih dari 500 cc kena PPN BM 125%. Itu belum termasuk bea masuk impor dan dan pajak-pajak lain yang bikin moge harganya melesat tajam. Oh ya, di pasaran nanti Tenere 700 bakal bersaing langsung dengan motor-motor adventure Eropa seperti KTM 790 Adventure R dan BMW F 850 GS Adventure. Misal masuk ke Indonesia otomatis harga Tenere 700 berpotensi paling murah. KTM 790 Adventure aja kabarnya bakal masuk dengan harga Rp 500 jutaan. BMW sendiri udah biasa bandrol motor dengan harga selangit. Tapi bakal lebih heboh kalau Yamaha Indonesia mau berjuang merayu prinsipal agar bisa merakit Tenere 700 dan motor-motor lain bermesin CP2 seperti MT-07 dan MT-07 Tracer di Indonesia. Why? Soalnya sekarang Indonesia itu menjadi basis produksi mesin 689 cc CP2! Jadi mesin Tenere 700 itu diproduksi di Indonesia. Ya cuma mesinnya doang.

Advertisements