Andai CRF250F Dijual di Indonesia Oleh PT Astra Honda Motor…

Well… Saya lagi demen banget nih bahas mengenai motor off-road CRF250F. Kenapa? Banyak banget alasannya gaes… Pertama karena CRF250F merupakan upgrade dari CRF230F yang sudah sejak lama hadir di dunia. Walaupun CRF230F nggak dijual resmi oleh PT Astra Honda Motor (AHM) di Indonesia tapi nyatanya banyak yang pakai motor itu di medan off-road tuh! Sebagai motor generasi terbaru otomatis CRF250F memiliki segudang keunggulan dibandingkan dengan pendahulunya, mulai dari desain yang jauh lebih fresh dan enak dipandang, frame baru, kapasitas mesin lebih besar yang secara otomatis memiliki power dan torsi lebih besar pula, sistem pembakaran injeksi, rem belakang sudah cakram (CRF230F masih tromol), hingga suspensi depan teleskopik dengan diameter lebih besar.

Sebagai penggemar off-road, motor ini memikat banget. Apalagi mesin yang dipakai itu masih sederhana lho… Pakai mesin SOHC 2-klep berpendingin udara yang secara penampilan mirip-mirip lah dengan Honda Tiger, meskipun jeroannya pasti agak berbeda. Kalau untuk fun off-road alias off-road hanya sekedar untuk hobby, jujur aja saya lebih demen dengan motor yang sederhana. Nggak perlu motor bermesin DOHC atau yang pakai pendingin radiator. Motor DOHC atau berpendingin radiator yang harganya murah pasti bobotnya berat, yang bobotnya enteng harganya berat. Wkwkwkwkwk… Intinya motor SOHC 2-klep berpendingin udara udah cukup. Harga murah, perawatan juga gampang dan murah.

Masalahnya adalah CRF250F yang pakai mesin sederhana itu harganya nggak sederhana sama sekali. Malah mewah banget gaes. Bayangin aja, dengan power sekitar 22 HP harga CRF250F tembus Rp 100 juta. Ya itu nggak aneh banget lah, karena CRF250F masuk ke Indonesia melalui importir umum, bukan masuk lewat ATPM resmi (AHM). Saya jadi berandai-andai, gimana ceritanya ya kalau CRF250F dijual resmi oleh AHM? Apakah harganya bakal murah dan bisa dijangkau oleh kebanyakan penggemar off-road di Indonesia? Soalnya CRF250F itu motor bagus, friendly, dan sederhana. Misal harganya pas bukan mustahil bisa laris-manis!

Nah… CRF250F itu motor yang dirancang di Brazil dan diproduksi oleh Honda Brazil pula. Di negara asalnya sana CRF250F dijual dengan harga retail sekitar Rp 56 juta. Jadi sebenarnya di negara asalnya CRF250F nggak murah-murah amat. Jadi kalaupun CRF250F dijual oleh AHM di Indonesia dengan skema CBU dari Brazil, susah membandrol motor ini jadi terjangkau. Masih mungkin di bawah harga importir umum yang tembus Rp 100 juta, tapi susah kalau dibikin sama atau malah di bawah harga Brazil. Paling realistis di angka Rp 80 jutaan. Masih mahal! Ceritanya bakal lain kalau AHM mau memproduksi sendiri CRF250F di Indonesia. Sangat mungkin motor ini dibandrol maksimal Rp 50 juta. Tapi AHM apa mau? Sekarang sih belum ada tanda-tanda ke arah sana. Nggak tahu nanti kalau Kawasaki sudah merilis KLX230. Biasanya AHM kojel-kojel dan pengen masuk ke segmen yang sama.

Advertisements