Kenalan dengan Motor Super Langka di Indonesia – Honda XR250 Baja!

Temen-temen sekalian… Kali ini kita bakal membahas mengenai salah satu motor trail yang bisa dibilang super langka di Indonesia. Apa lagi kalau bukan motor Honda XR250R Baja! Kenapa langka? Mungkin karena motor ini nggak dijual resmi oleh APM Honda di Indonesia saat itu. Jadi motor masuk lewat jalur importir umum atau malah lewat jalur tikus. Hehehe. Nah, saking langkanya populasi XR250R Baja di sini amat sangat sedikit. XR250 series aja udah langkal apalagi ini ada embel-embel Baja. Benar-benar rare item dah. Beruntung banget orang yang punya motor langka ini! Kebetulan salah satu teman saya, Mas Ukhi dari Magelang, punya satu unit XR250R Baja. Asli keren mas… Bikin ngiler!

Secara penampilan motor yang diproduksi pertama kali tahun 1989 ini sangat unik. Ciri khas utama terletak di headlight yang berjumlah dua buah berjajar berbentuk bulat. Nggak salah kalau kebanyakan penggemar vintage enduro menyebut XR250R Baja dengan sebutan si mata belo’ karena matanya memang belo’ kayak mata ikan koki. Terus tangki BBM bentuknya menggembung khas motor enduro jadul dan joknya juga tebel bikin nyaman waktu diduduki. Penampilan itu dipadu dengan suspensi depan yang masih menganut model teleskopik, tapi suspensi belakang sudah pakai mono shock. Asyiknya walaupun jadul gini XR250R Baja udah pakai rem belakang cakram! Oh ya, dalam kondisi standar XR250R Baja pakai ban enduro full size 18-21 inch lengkap dengan velg jari-jari warna gold.

Gimana dengan sektor mesin? Nah, si mata belo’ ini mesinnya 249 cc SOHC dan berpendingin udara. Simple ya… Tapi jangan salah, dia nggak pakai 2-klep kayak CRF250F sekarang melainkan pakai 4-klep sekaligus! Terus lubang knalpot ada dua alias twin port. So nggak aneh kalau motor berpenampilan jadul ini punya tenaga 28 HP plus torsi bengis 24,5 Nm! Sadis kan? CRF250L dan CRF250RALLY yang lebih modern dan pakai mesin DOHC liquid cooled aja kalah tenaganya sama si mata belo’. Untuk menghidupkan mesinnya tentu nggak boleh manja. Nggak ada pencetan electric starter. Temen-temen mesti strong karena cuma ada sistem kick starter.

Last… XR250R Baja sebenarnya merupakan pengembangan dari XR250R yang lebih offroad oriented. Motor ini dikembangkan di Jepang dan dijual untuk memenuhi market Jepang. Soalnya di jaman itu banyak orang Jepang dan tim balap asal Jepang mengikuti ajang balap Baja 500 dan Baja 1000 di Amerika. Penjualan XR250R Baja dan versi dual sport XLR250R Baja pun booming hingga tembus 10.000 unit per tahun. Sejumlah negara kemudian meminta Honda mengekspor XR250R Baja dan XLR250R Baja di mana keduanya cukup identik. Salah satu negara yang beruntung mendapatkan kiriman XR250R Baja dan XLR250R Baja adalah Amerika Serikat karena negara Ini sangat populer dengan balap Baja 500 dan Baja 1000 yang legendaris dan eksis sampai sekarang. Terus gimana ceritanya si mata belo’ bisa masuk ke Indonesia? Buat temen-temen yang paham monggo berbagi cerita di kolom komentar ya! Yang pasti sih pemilik si mata belo’ di Indonesia nggak akan mau pakai motor ini buat geber-geberan di jalur offroad, yang ada justru malah disayang-sayang, dielus-elus, dan jadi pajangan.

Advertisements