Menanti Kedatangan KTM 690 Enduro R Versi 2019 di Tanah Air

Pilihan motor dual sport di Indonesia memang nggak banyak. Salah satu yang bisa jadi pilihan adalah KTM 690 Enduro. Tapi ini khusus buat rider yang kantongnya tebal ya… Kenapa? Karena harganya lumayan gila untuk ukuran motor dual sport. Kalau nggak salah tembus lebih dari Rp 300 juta untuk harga on the road (OTR). Sebenarnya KTM 690 Enduro R udah lumayan lama masuk ke Indonesia, namun itu yang versi lawas. Belum lama ini KTM meluncurkan 690 Enduro R generasi terbaru model year 2019 yang kemungkinan besar juga akan masuk ke Indonesia dalam waktu dekat!

Sebagai motor dual sport, 690 Enduro R bisa dibilang punya spesifikasi yang agak nggak lazim. Bayangin aja, motor ini punya kapasitas mesin nyaris 700 cc, itu hanya mengandalkan satu silinder! Jelas torsinya bakal gila banget. Power motor juga nggak malu-maluin karena mencapai sekitar 74 HP. Mantap kan? Pada 690 Enduro R generasi terbaru model year 2019 dibekali dengan penampilan yang total baru. Tetap terlihat keren dan gagah. Kemudian suspensinya mirip dengan motor enduro tulen KTM EXC series. Buat anjlok-anjlokan dijamin nggak masalah. Di sektor ban 690 Enduro R nggak berubah gaes, masih mengandalkan ban berorientasi dirt dengan ring 18-21 inch.

Konon kabarnya, salah satu bagian yang mendapatkan sentuhan ekstra dari KTM pada 690 Enduro R versi anyar ini adalah sektor mesin. Selain mendapatkan besaran power dan torsi yang lebih besar dibandingkan dengan generasi sebelumnya, kelemahan yang ada pada 690 Enduro R lawas juga dieliminasi oleh KTM. Memang apa kelemahannya? Vibrasi mesin! Bukan rahasia lagi motor satu silinder berkapasitas besar akan memiliki kendala vibrasi berlebih. Beda dengan motor berkapasitas setara tapi multi silinder, pasti jauh lebih minim vibrasi. Asyiknya KTM sudah mampu menjinakkan vibrasi mesin 690 Enduro R pada generasi anyar. Penyemplak 690 Enduro R nggak perlu khawatir bakal ada vibrasi berlebih yang terasa di bagian stang, footpegs, maupun bagian motor yang lain ketika menggeber motor tersebut.

Nah… Biasanya KTM Indonesia rajin memasukkan semua varian motor yang diproduksi oleh KTM Austria, mulai dari varian paling rendah sampai dengan yang tertinggi. Otomatis 690 Enduro R model year 2019 diprediksi kuat akan masuk ke Tanah Air. Mengenai waktunya kapan masih belum jelas. Bisa jadi bersamaan dengan motor adventure KTM yang lain, yaitu 790 Adventure R yang mengandalkan mesin dua silinder. Ngomong-ngomong soal harga, bisa dipastikan 690 Enduro R terbaru bandrolnya berada nggak jauh-jauh dari gen lawas, di angka Rp 300 jutaan OTR. Mahal? Ya motor Eropa memang beda. Apalagi kapasitas mesin di atas 500 cc, kena PPN BM 125%. Itu belum termasuk biaya dan pajak lain-lain.

Advertisements