Selain Coba XTZ 125, Test Rider Yamaha Juga Jajal KLX150 BF!!

Akhir-akhir memang cukup banyak kabar panas mengenai motor trail di Tanah Air. Selain Suzuki yang dikabarkan sedang mengetes prototype motor trail 150 cc, pabrikan dengan logo garputala juga melakukan pengetesan terhadap motor trail XTZ 125 yang kemungkinan didatangkan dari Brazil. Soalnya XTZ 125 dikembangkan dan dipasarkan di Brazil. Bisa jadi Yamaha Indonesia ingin mengembangkan motor trail 150 cc dari basis XTZ 125 ini. Tapi ada satu hal yang unik nih gaes, dalam pengujian di sebuah sirkuit garuk tanah di Jawa Barat itu rupanya test rider Yamaha Indonesia nggak cuma menguji coba XTZ 125, tapi mereka juga ketahuan menjajal motor trail kompetitor Kawasaki KLX150 BF! Apa tujuannya?

Bukan rahasia lagi KLX150 merupakan pelopor motor trail entry level 4-tak di Indonesia. Motor ini juga pernah menjadi market leader selama bertahun-tahun sebelum ditumbangkan oleh Honda CRF150L yang keluar di akhir 2017. Sekarang pun penjualan KLX150 masih cukup moncer karena menjadi motor Kawasaki paling laris di Indonesia. Apalagi populasi KLX150 di Indonesia juga sangat banyak. Bahkan mungkin trail dari geng ijo ini populasinya paling besar dari seluruh trail yang beredar di Indonesia. Rasanya cukup wajar kalau Yamaha Indonesia ikutan ngetes KLX150 untuk menjadi benchmark standar minimal bagi trail Yamaha Indonesia kalau nanti diproduksi massal. Praktik seperti ini di kalangan pabrikan motor sangat lumrah. Malah bukan mustahil Yamaha Indonesia sengaja beli beberapa unit KLX150 dan mungkin juga CRF150L untuk diobrak-abrik jeroan mesinnya biar tahu seperti apa isinya sekaligus untuk dites sebagai perbandingan bagi produk baru nanti. Mosok iya produk baru lebih inferior dari produk yang sudah ada? Betul?

Oh ya… Trail Kawasaki yang dites oleh test rider Yamaha Indonesia itu kebetulan adalah KLX150 BF. Ini saya ketahui dari salah satu foto yang diupload di blog Mas IWB. Terlihat di sana salah satu test rider Yamaha Indonesia lengkap dengan jersey Yamaha, boots off-road, helm, hingga body protector sedang menggeber KLX150 BF berwarna hijau. Kemudian satu orang test rider lagi dengan kostum mirip-mirip berada di belakangnya menggeber XTZ 125. Karena sekarang sudah ketahuan  Yamaha Indonesia mengetes KLX150 BF, saya berharap motor trail Yamaha Indonesia nanti lebih bagus daripada KLX150 BF. Okay mesin nggak apa-apa lah pakai SOHC 2-valve air cooled ala XTZ 125 yang dinaikkan kapasitasnya jadi 150 cc, asalkan desain ganteng dan modern, suspensi depan upside down, suspensi belakang menggunakan linkage Monocross, dan rem belakang cakram. Jangan coba-coba menggunakan desain dan fitur ala XTZ 125. Asli ueleeek!

Advertisements