Suzuki Kepergok Tes Trail 150 cc di Jalanan Bekasi, Mesin DOHC!

Asli mumet gaes… Perputaran informasi mengenai motor trail baru dari dua pabrikan yaitu Yamaha dan Suzuki dalam beberapa hari terakhir berlangsung sangat cepat. Setelah bahas Yamaha, sekarang kita beralih ke Suzuki. Sekitar 2-3 hari yang lalu dalam blog ini ditulis bahwa Suzuki sudah menyiapkan beberapa unit prototype motor trail untuk dicoba oleh test rider di jalanan. Ketika tulisan itu dibuat, diyakini calon motor trail entry level dari Suzuki menggunakan mesin SOHC 2-valve air cooled yang dikembangkan dari basis mesin DR200S. Bisa dibilang mesin DR200S yang disunat jadi 150 cc lah, sehingga motor baru itu untuk sementara waktu bisa disebut dengan DR150. Satu hal yang cukup mencengangkan, sudah ada yang memergoki trail Suzuki sedang dites di jalanan Bekasi, persisnya di Kranggan. Terus apa yang menarik mas? Ternyata trail Suzuki itu pakai mesin DOHC yang secara fisik identik dengan milik GSX-150 series!

Info itu berasal dari salah satu reader blognya Mas IWB. Dalam informasinya si reader bilang bahwa doi memergoki 2 unit motor trail tanpa emblem apapun di body sedang dinaiki oleh 2 orang dengan wearpack lengkap. Bahkan doi bilang keduanya pakai wearpack Alpinestar. Dari 2 unit motor itu yang satu menggunakan ban trail lengkap dengan suspensi depan upside down berwarna gold, sedangkan satunya lagi pakai ban supermoto IRC Road Winner macam Kawasaki D-Tracker dan suspensi depannya masih menganut model teleskopik. Masih menurut testimoni doi, dipastikan kedua motor trail menggunakan mesin DOHC yang identik dengan milik GSX-150 plus pendingin radiator berukuran jumbo. So, sepertinya memang confirmed Suzuki sedang tes motor trail anyar di jalanan.

Lha terus mesin trail Suzuki nanti SOHC atau DOHC mas? Menurut saya peluang keduanya masih sama-sama terbuka lebar. Nggak menutup kemungkinan SOHC, dan bukan mustahil pula pakai DOHC. Sepertinya Suzuki sedang mengetes kedua model mesin tersebut, kemudian memilah-milah mana yang lebih cocok serta disesuaikan dengan harga jual motor nantinya. Seperti yang sudah ditulis di awal, Suzuki sedang menyebar beberapa unit motor untuk dites di jalanan. Bisa saja 2 unit pakai mesin DOHC seperti yang kepergok di Kranggan, sementara beberapa unit lainnya pakai mesin SOHC. Iya nggak? Anyway, movement dari Suzuki bisa menjadi kabar bagus buat para penggemar trail di Tanah Air!

Advertisements