• Home »
  • Article »
  • Trail Baru Yamaha Tertangkap Kamera Sedang Dites di Bekasi, Rem Belakang Tromol

Trail Baru Yamaha Tertangkap Kamera Sedang Dites di Bekasi, Rem Belakang Tromol

Lagi-lagi ada info mengenai spy shot calon motor trail baru dari Yamaha Indonesia nih gaes. Kalau kemaren Yamaha Indonesia ketahuan sedang mengetes motor trail XTZ 125 di sebuah lintasan garuk tanah, kali ini pabrikan dengan logo garputala kepergok tes motor trail di jalanan Bekasi. Yups, Bekasi merupakan lintasan kota yang paling sering dipakai oleh pabrikan untuk mengetes motor baru. Yamaha, Suzuki, hingga Kawasaki kerap melakukannya di Bekasi. Mungkin cuma Honda yang nggak ngetes motor di jalanan sebelum dirilis ke pasaran karena mereka punya sirkuit internal di dalam area pabrik yang bisa digunakan untuk pengetesan. Terus seperti apa sosok motor trail Yamaha di jalanan Bekasi? Apakah sama dengan yang tertangkap kamera di sirkuit garuk tanah?

Dari foto yang diupload di blog Mas IWB, diketahui bahwa motor trail yang kepergok di Bekasi agak berbeda dibandingkan dengan XTZ 125 yang dites di lintasan off-road. Secara basic keduanya sama, tapi ada sejumlah perbedaan. Kalau yang dites di lintasan off-road identik dengan XTZ 125 Brazil berwarna biru, yang di jalanan Bekasi ini warnanya putih. Terlihat mesinnya masih mirip, menggunakan model SOHC 2-valve air cooled. Namun bentuk bodywork agak beda, tangki lebih jendol di bagian tutup, lampu belakang beda, knalpot beda, rear fender lebih gede, rak bagasi di belakang jok juga lebih gede, ban lebih berorientasi on road, dan jok ada cekungan kayak di motor sport (bukan rata macam motor trail kebanyakan). Persamaan antara XTZ 125 dengan foto spy shot ini adalah mesin yang identik, rem belakang sama-sama tromol, dan suspensi depan masih teleskopik.

Mungkinkah ini bentuk final dari motor trail Yamaha? Bisa jadi. Tapi saya masih berharap ke depan nongol spy shot motor trail Yamaha yang lain dengan basis desain bukan berasal dari XTZ 125, melainkan dari basis WR125R. Jujur saja, saya dan banyak penggemar trail yang lain kurang sreg dengan basis desain XTZ 125. Seperti motor trail dari jaman purbakala. Desain kurang greget, suspensi depan teleskopik, suspensi belakang tanpa linkage, dan rem belakang tromol. Duuuh! Kita sih nggak terlalu masalah motor trail Yamaha pakai mesin SOHC 2-valve. Toh Kawasaki dan Honda juga pakai mesin sejenis. Yang penting desain harus oke, mesti modern, suspensi depan upside down, suspensi belakang mono shock dengan linkage Monocross khas Yamaha, dan rem belakang mestinya cakram.

Advertisements