Jaringan Dealer KTM Penta Jaya Juga Bakal Jual Motor Trail?

Temen-temen sekalian… Dalam beberapa tahun terakhir memang ada dualisme KTM di Indonesia. Yang pertama adalah dealer KTM yang terafiliasi dengan distributor PT Jaya Selaras Sejahtera (JSS), di mana para dealer di jaringan JSS khusus menjual motor-motor gede (big bike) dan dirt bike KTM. Sebut saja KTM 690 Enduro R, KTM 1050 Adventure, KTM 1290 Super Adventure, KTM 250/350/450/500 EXC-F, KTM 125/150 XC-W, KTM 250/300 EXC TPI, dan motor-motor garuk tanah yang lain dijual oleh jaringan dealer KTM JSS. Kemudian yang kedua adalah jaringan dealer KTM yang terafiliasi dengan PT Penta Jaya Laju Motor (PJLM). Bedanya, KTM PJLM hanya menjual street bike dengan kapasitas mesin 400 cc ke bawah. Contohnya adalah KTM RC 200/250/390 dan KTM 200/250/390 Duke. Menariknya jumlah jaringan dealer KTM PJLM justru berkembang jauh lebih masif dalam beberapa tahun terakhir, sehingga bukan mustahil kalau KTM PJLM bakal diberi akses oleh prinsipal (KTM Austria) untuk mendistribusikan big bike dan dirt bike KTM!

Memang belum ada konfirmasi resmi dari PJLM mengenai rencana penjualan big bike dan dirt bike KTM di jaringannya. Namun salah satu dealer milik PJLM (KTM Pondok Indah) sudah memajang dirt bike KTM EXC-F Six Days Chile model year 2019. Walaupun belum bisa dipastikan, namun ini bisa jadi salah satu indikasi. Nah, ketika saya coba konfirmasi ke salah satu petinggi PJLM, beliau hanya bilang itu masih dalam proses dan diminta menunggu pengumuman dari PJLM.

“Hehe… Masih proses, nanti kami kabarin melalui rilis resmi, mohon sabar ya mas,” ucap beliau singkat.

Yups… Meskipun hanya mendapatkan jawaban singkat tapi saya cukup yakin proses itu sedang berjalan. Jaringan dealer PJLM yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan JSS pasti membuat prinsipal KTM Austria tergiur. Di sisi lain nggak bisa dipungkiri jaringan dealer JSS jauh lebih berpengalaman menjual dan melakukan perawatan terhadap big bike dan dirt bike KTM. Pada akhirnya jaringan KTM PJLM sangat mungkin menjual semua varian motor KTM. Nggak peduli itu street bike berkapasitas kecil, big bike, hingga dirt bike.

Advertisements