• Home »
  • Article »
  • NJKB Suzuki DR150 Rp 23,5 Juta, Harga Jual Berpotensi di Bawah Rp 30 Juta!

NJKB Suzuki DR150 Rp 23,5 Juta, Harga Jual Berpotensi di Bawah Rp 30 Juta!

Suzuki Indomobil Sales (SIS) alias Suzuki Indonesia sudah bisa dikatakan hampir pasti meluncurkan motor dual purpose baru berlabel DR150. Spy shot motor ini sudah wira-wiri di dunia maya dengan desain ala motor dual purpose yang lebih ke arah street oriented ketimbang dirt bike. Awalnya saya berharap Suzuki meluncurkan motor yang lebih kuat nuansa dirt bike-nya untuk melawan Kawasaki KLX150 dan Honda CRF150L, namun harapan itu sepertinya tidak terjadi. Yang ada justru motor dual purpose yang lebih nyaman dipakai di jalan aspal dengan kemampuan off-road minimalis.

Selentingan info yang beredar menyebutkan bahwa DR150 akan mengambil basic dari motor asal China, Haojue NK150. Desain motor ini memang nggak bisa dibilang keren, tapi juga nggak buruk. Desain lebih mirip seperti motor naked sport kebanyakan dengan jok tandem yang nyaman. Kesan dual purpose paling-paling terletak di sektor stang yang agak baplang, front fender tinggi, knalpot yang menjulang tinggi di bagian samping kiri layaknya dirt bike tulen, dan velg jari-jari dengan diameter 16-19 inch seperti motor trail mini lengkap dengan ban street oriented. Fitur lainnya juga tergolong minimalis. Sebut saja suspensi depan masih menganut model teleskopik dengan diameter kurus, rem belakang tromol, dan mesin sederhana SOHC 2-valve air cooled. Beruntung sistem pembakarannya sudah pakai model injeksi. Motor lain yang punya desain serupa dengan DR150/NK150 contohnya Honda XR150L dan Benelli Python 200.

Terus berapa kira-kira bandrol harga DR150/NK150 mas? Di situs Samsat PKB DKI Jakarta kode motor ini sudah nongol lengkap dengan NJKB-nya (Nilai Jual Kendaraan Bermotor). NJKB adalah angka yang digunakan untuk melakukan perhitungan pajak dan lain-lain. Di sana tertera NJKB DR150 senilai Rp 23,5 juta. Biasanya harga jual motor di pasaran lebih tinggi Rp 4-5 juta dari angka NJKB, meskipun nggak menutup kemungkinan ada juga yang lebih rendah atau lebih tinggi dari Rp 4-5 juta. Jadi kemungkinan harga jual DR150 ketika diluncurkan nanti kisaran Rp 27,5-28,5 juta on the road (OTR). Menurut saya Suzuki nggak akan berani membandrol DR150 di angka Rp 30 jutaan karena terlalu dekat dengan KLX150 BF dan CRF150L yang berada di kisaran Rp 32 jutaan, padahal spec dan fitur DR150 jauh lebih minim ketimbang produk milik Kawasaki dan Honda yang memiliki aura dirt bike sangat kuat.

Sejauh ini juga masih belum ada kejelasan apakah DR150/NK150 akan diproduksi di Indonesia atau didatangkan utuh (CBU) dari China. Namun diprediksi kuat DR150 akan didatangkan CBU dari China alias mengambil langsung dari Haojue kemudian di-rebranding menjadi DR150. Jadi nanti DR150 bakal memikul beban sebagai mocin Jepang 150 cc pertama di Indonesia. Oh ya, Haojue adalah rekanan Suzuki di China. Selain memproduksi sejumlah motor Suzuki, Haojue juga memproduksi dan memasarkan motor untuk brandnya sendiri. Beberapa motor Suzuki yang diproduksi oleh Haojue antara lain Inazuma 250 (GW250), V-Strom 250 (DL250), dan GSX-R250. Sehingga nggak aneh kalau akhirnya Suzuki ikut menggunakan basis desain motor rancangan Haojue.

Advertisements