Kawasaki KLX140G Dipasangi Mono Shock Ohlins, Berapa Biayanya?

Salah satu dealer Kawasaki di Pekanbaru, Kawasaki Greentech, memajang salah satu motor off-road racikan geng ijo. Motor itu di pasar global namanya adalah KLX140G, sedangkan Kawasaki Motor Indonesia (KMI) memberi sebutan motor itu dengan nama New KLX. Motor ini khusus buat off-road, nggak dilengkapi dengan lampu-lampu, nggak ada konsol speedometer, nggak ada kunci kontak, nggak ada plate holder, nggak ada kaca spion, dan nggak ada aneka kelengkapan lain sebagai motor jalan raya. Belum lagi ban yang dipasang sudah ban off-road tulen dengan kembangan sangat kasar dan berbagai settingan untuk off-road. Praktis KLX140G cuma bisa dipakai di lintasan off-road saja ya! Menariknya, salah satu KLX140G yang dipajang di Kawasaki Greentech sudah dipasangi part aftermarket yang mewah dan berkelas, yaitu menggunakan suspensi belakang Ohlins yang sangat terkenal itu! Kira-kira jadi berapa ya harganya?

Mono shock standar KLX140G sebenarnya sudah cukup bagus karena sudah piggyback reservoir (tabung) sehingga bersifat fully adjustable. Artinya, mono shock standar KLX140G bisa disetel preload, compression, hingga rebound damping-nya. Tapi mengganti mono shock dengan merek Ohlins juga bukan rencana buruk. Temen-temen tahu sendiri, Ohlins merupakan merek suspensi yang tergolong paling premium di dunia. Rasanya motor sudah sangat wah kalau pakai suspensi Ohlins. Di kancah balap MotoGP misalnya, hampir semua tim menggunakan suspensi Ohlins, begitu juga di balap WorldSBK. Ya meskipun nggak bisa dipungkiri di kancah balap off-road kiprah Ohlins belum begitu menggema. Kebanyakan tim balap off-road dunia menggunakan merek suspensi rekanan pabrikan. Misalnya KTM/Husqvarna dengan WP, Honda/Kawasaki dengan Showa, Yamaha dengan KYB, dan lain-lain. Tapi ya nggak bisa dipungkiri Ohlins tetap menjadi merek suspensi premium di motor off-road sekalipun.

KLX140G yang dipajang di dealer Kawasaki Greentech itu nggak cuma menggunakan suspensi mono shock buatan Ohlins. Performa suspensi ini dipastikan jauh lebih baik dibandingkan dengan suspensi standar. Secara penampilan lebih kece dengan warna emas khas Ohlins, secara performa redaman juga lebih oke. Selain itu, motor ini terpantau menggunakan knalpot free flow merek ProCircuit. Raungan suara dijamin lebih menggelegar dan performa mesin pasti mengalami kenaikan. Nggak seru kan kalau main off-road suara motor senyap? Penggantian dari knalpot standar ke knalpot free flow, apalagi brand ternama yang sudah teruji kualitasnya, tentu bisa diprediksi menaikkan power dan torsi motor. Masih belum puas? Stang standar KLX140G yang kalau jatuh langsung bengkok itu diganti dengan merek premium ProTaper Fuzion. Jatuh bangun di jalur off-road nggak perlu lagi khawatir mikir stang bengkok dan harus beli lagi.

Tiga komponen yang dipasang oleh Kawasaki Greentech ke KLX140G memang semuanya merek premium. Jadi jangan heran kalau harga total ketiga komponen itu nyaris setengah dari harga motornya sendiri. Kawasaki Greentech menjual KLX140G dengan bandrol harga Rp 36,5 juta off the road. Kalau konsumen ingin memasang mono shock Ohlins, knalpot ProCircuit, dan stang ProTaper Fuzion perlu menyiapkan kocek tambahan sebesar Rp 15,625 juta. Ngeri memang harganya ya! Tapi yang jelas performa motor akan meningkat, riding quality jadi lebih nyaman, dan nggak perlu was-was stang rusak saat terjatuh. Oh ya, Kawasaki Greentech ini walaupun markasnya di Pekanbaru namun melayani pembelian KLX140G dan motor off-road lainnya berbagai penjuru Indonesia. Tinggal nambah ongkos kirim aja guys!

Advertisements