• Home »
  • Article »
  • Honda Pajang Prototipe Trail CR Electric di Tokyo Motorcycle Show 2019

Honda Pajang Prototipe Trail CR Electric di Tokyo Motorcycle Show 2019

Di Tokyo Motorcycle Show 2019 Honda memberikan kejutan kepada pecinta otomotif, khususnya roda dua. Di ajang bergengsi itu Honda memajang sosok motor yang masih dalam wujud prototipe dengan nama CR Electric. Dari nama depannya “CR” sudah bisa mengindikasikan bahwa ini adalah sosok motor trail. Kemudian embel-embel “Electric” di belakang memastikan bahwa CR Electric merupakan motor trail dengan mesin electric. Seperti diketahui, untuk motor trailnya Honda memang memberikan nama CR (Competition Race) series. Motor CR (tanpa embel-embel apapun di belakangnya) menggunakan mesin 2-tak, kemudian berlanjut pada generasi CRF (Competition Race Four Stroke) yang pakai mesin 4-tak dan eksis sampai sekarang, dan di masa depan CR Electric merupakan generasi lanjutan dari CR series.

Meskipun menggunakan mesin electric, namun desain CR Electric bisa dibilang sangat serius, bukan kaleng-kaleng. Motor ini asli gagah dan keren, pakai frame twin spar dari bahan aluminium, swing arm aluminium, suspensi depan upside down buatan Showa, suspensi belakang mono shock dengan linkage ProLink khas Honda juga bermerek Showa, velg DID DirtStar berukuran full size 18-21 inch, ban Dunlop, dan stang fatbar dari Renthal. Keren dan gagahnya CR Electric ini mirip-mirip lah dengan motocross Honda seperti CRF450R atau CRF250R. Hanya saja CR Electric nggak dilengkapi dengan tangki bahan bakar, nggak ada knalpot, nggak ada tuas kopling, nggak ada tuas gigi, dan yang diapit oleh sasis itu penuh dengan motor penggerak dan baterai. Sistem pendingin mesin juga sudah pakai radiator yang membuatnya terlihat sangat padat. Menariknya, mesin ke roda tetap dihubungkan oleh gear dan rantai seperti motor konvensional.

Sayang sekali Honda nggak mengumbar spesifikasi lengkap CR Electric. Namun yang pasti sasis yang digunakan oleh CR Electric merupakan sasis milik CRF250R yang sudah dimodifikasi ulang oleh Honda. Kemudian secara performa CR Electric lebih rendah daripada Mugen TT Zero dan lebih tinggi dibandingkan dengan motor trail elektrik asal Austria, KTM Freeride E. Sekedar informasi buat temen-temen, Mugen Motorsports merupakan perusahaan milik anak pendiri Honda, yaitu Soichiro Honda, yang dalam waktu beberapa tahun terakhir mengembangkan motor balap elektrik dan telah memenangkan kompetisi Isle of Man TT Zero menggunakan motor Mugen TT Zero. Motor trail elektrik buatan Mugen yang menggunakan mesin Honda, sasis mirip CRF250R, suspensi Showa, velg DID, dan ban Dunlop juga pernah muncul di Tokyo Motorcycle Show beberapa tahun yang lalu dan nongol lagi pada tahun ini dengan penampilan sedikit berbeda. Penampilan motor Mugen tahun ini lebih mirip dengan CR Electric. Satu hal yang mengejutkan, motor balap Mugen TT Zero yang dipakai di Isle of Man TT Zero sanggup memuntahkan tenaga sebesar 160 HP dan torsi sebesar 210 Nm. Misal CR Electric menggunakan mesin dengan tenaga dan torsi setengah saja dari Mugen TT Zero, maka motor ini bakal benar-benar buas di jalur off-road.

Yups, Honda memang sering kali memajang motor prototipe di Tokyo Motorcycle Show. Asyiknya dari beberapa motor prototipe yang dipajang di Tokyo Motorcycle Show akan menjadi kenyataan alias diproduksi massal beberapa tahun berikutnya. Jadi bukan mustahil CR Electric akan dijual ke pasaran dalam dua atau tiga tahun mendatang. Andai produk ini benar-benar diproduksi massal, maka akan bersaing secara langsung dengan motor trail elektrik lainnya seperti KTM Freeride E-XC dan Alta Motors Redshift MX. Melihat spesifikasi yang diusung cukup serius, bukan mustahil CR Electric bandrol harganya akan tinggi. Selamat datang di medan off-road motor sunyi senyap tanpa suara dan tanpa emisi gas buang!

Advertisements