Bersama Ricky Brabec, Honda Sukses Juarai Sonora Rally 2019

Setelah melakukan pertarungan sengit di Rally Dakar pada Januari 2019 yang lalu, semua tim balap beserta para rider mulai mempersiapkan diri untuk menghadapi Rally Dakar 2020. Kebanyakan dari mereka mengikuti kompetisi balap rally yang kurang populer kalau dibandingkan dengan Rally Dakar maupun FIM Cross-Country Rallies World Championship. Cara ini dilakukan untuk menjaga kebugaran sekaligus melatih kemampuan mereka dalam menyongsong Rally Dakar 2020. Monster Energy Honda Team bersama dengan salah satu ridernya Ricky Brabec misalnya, ikut ambil bagian di Sonora Rally 2019, Meksiko. Brabec pun tampil impresif sehingga sanggup menggenggam gelar juara Sonora Rally 2019!

Sonora Rally 2019 sendiri digelar selama lima hari dengan total enam special stage (SS). Jarak tempuh secara keseluruhan mencapai sekitar 1.300 km yang menghubungkan antara San Luis Rio Colorado dan Hermosillo. Bisa dibilang wilayah ini ada di perbatasan antara Meksiko dan Amerika Serikat, dekat dengan Gurun California. Kebanyakan track yang dilalui merupakan track yang kering, tapi sebagian track rusak oleh hujan yang mengguyur area tersebut, sedangkan sebagian lagi tergolong track yang kencang (speed track). Selain itu, ada sekitar 500 km dari track yang berupa gurun pasir dan rerumputan. Hmmm… Environment yang ditawarkan memang relatif mirip dengan Rally Dakar.

Ricky Brabec yang menggeber motor CRF450 RALLY langsung tampil sangat kencang sejak awal. Bahkan rider asal Amerika Serikat ini mampu memenangkan tiga stage awal Sonora Rally 2019. Hal itu membuat catatan waktu Brabec unggul lebih dari 30 menit dibandingkan dengan para rival terdekatnya. Brabec kemudian lebih bermain aman di dua hari terakhir gelaran Sonora Rally 2019 sehingga akhirnya menyentuh garis finish di Sonora dengan keunggulan 37 menit 15 detik dari rider yang berada di posisi kedua. So, ini menjadi kemenangan balap rally pertama bagi Brabec di musim kompetisi 2019.

“Rally ini merupakan yang pertama bagiku di tahun ini sehingga aku sangat gembira bisa kembali menggeber motor besar (Honda CRF450 RALLY) lagi dengan sejumlah navigasi. Gurun di sini bagiku seperti rumah dan memang sangat dekat dengan kota asalku sehingga memudahkanku untuk datang ke sana dengan kru yang sedikit, baik itu untuk balapan maupun untuk latihan. Medannya berpasir dengan banyak bukit-bukit pasir yang cantik dan sedikit ke arah selatan adalah gunung berbatu, kondisi track di sana sangat lengkap dan aku yakin ini adalah tempat latihan yang baik,” ungkap Brabec.

Sebelum menang di Sonora Rally 2019, Brabec juga sukses menang di kompetisi Mint 400. Bedanya di Mint 400 Brabec nggak menggunakan motor Honda CRF450 RALLY, melainkan menggunakan Honda CRF450RX dari JCR Honda yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa. Meskipun demikian, dimensi Honda CRF450RX milik JCR Honda itu nggak sebesar Honda CRF450 RALLY. Setelah ini Brabec masih belum bisa berisitirahat karena dia harus menghadapi kompetisi AMA National Hare & Hound di Idaho, Amerika Serikat. Honda CRF450 RALLY akan kembali parkir terlebih dahulu karena di kompetisi itu Brabec akan menggunakan Honda CRF450RX.

Advertisements