• Home »
  • Article »
  • Mugen E.Rex, Trail Elektrik Sangar dengan Mesin dan Sasis dari Honda

Mugen E.Rex, Trail Elektrik Sangar dengan Mesin dan Sasis dari Honda

Ada dua brand yang memajang motor trail elektrik dalam wujud prototipe di Tokyo Motorcycle Show (TMS) 2019. Dua brand itu adalah Honda yang memamerkan prototipe CR Electric dan Mugen Motorsports yang menampilkan prototipe E.Rex. Uniknya, kedua motor itu saling berbagi platform. Mulai dari mesin, sasis, swing arm, suspensi, dan lain-lain keduanya relatif identik. Perbedaan yang paling mencolok rasanya cuma terletak di pewarnaan dan desain bodywork. Honda CR Electric mengambil desain bodywork yang sejalan dengan Honda CRF series, sedangkan Mugen E.Rex penampilannya cukup ekstrem mirip dinosaurus. Kok bisa antara Mugen dan Honda saling berbagi platform?

Jadi Mugen Motorsports itu adalah perusahaan milik Hiro Honda yang notabene anak dari pendiri Honda, yaitu Soichiro Honda. Mugen lebih banyak bergerak di bidang balap motor elektrik. Tapi Mugen juga sering kali dimanfaatkan oleh Honda sebagai developer (pengembang) ide-ide baru yang dimiliki Honda. Salah satu contohnya ya di bidang motor trail elektrik ini. Sekitar dua tahun yang lalu Mugen untuk pertama kalinya memamerkan konsep motor trail elektrik dengan desain yang super sangar ala T.Rex (tyrannosaurus). Konsep motor itu menggunakan mesin buatan Honda, sasis Honda CRF250R, suspensi Showa, dan berbagai macam hal lain yang banyak berkaitan dengan Honda. Dua tahun berselang, kedua brand sama-sama memamerkan prototipe motor trail elektrik dari platform yang sama (CR Electric & E.Rex). Dari awalnya hanya sekedar konsep kemudian berlanjut dalam sebuah prototipe. Biasanya prototipe itu sudah sangat siap diproduksi massal.

Sayangnya baik Mugen maupun Honda sama-sama bungkam mengenai spesifikasi detail E.Rex dan CR Electric. Namun satu yang pasti, desain keduanya keren, fitur jempolan, dan spesifikasi mesin diprediksi bakal buas. CR Electric menggunakan bodywork yang lebih kalem nan elegan ala CRF series dengan pamer sasis berwarma asli aluminium, sedangkan E.Rex pakai bodywork yang punya kesan garang ala tyrannosaurus dan warna sasis serba hitam, meskipun desain prototipe E.Rex tahun 2019 ini sudah tidak sesangar konsepnya dua tahun yang lalu. Kapan motor-motor ini akan diproduksi massal? Masih belum ada info official dari Mugen dan Honda. Tapi biasanya motor prototipe diproduksi massal satu sampai tiga tahun setelah prototipe itu dipamerkan.

Mugen E.Rex Prototype 2019

Buat penggemar dirt bike kemungkinan hanya akan bisa menikmati produk buatan Honda. Sementara motor trail elektrik buatan Mugen rasanya hanya untuk keperluan balap ataupun pengembangan calon motor-motor Honda di masa depan. So, buat temen-temen yang pengen beli dirt bike elektrik, Honda CR Electric lebih pantas ditunggu kehadirannya di pasaran ketimbang Mugen E.Rex. Paling realistis menunggu CR Electric yang bisa head-to-head melawan KTM Freeride E-SX dan Alta Motors Redshift MX.

Mugen E.Rex Concept 2017

Advertisements