AJP PR7 Adventure Terbaru Dirilis, Dashboard Pakai Samsung Galaxy S6!

Mungkin temen-temen banyak yang nggak familiar dengan brand motor AJP. Ya hal itu memang nggak mengherankan karena AJP bukanlah brand besar. AJP hanya brand kecil yang berasal dari Portugal dengan fokus menggarap motor-motor off-road. Level AJP masih agak sulit kalau dibandingkan dengan brand-brand Eropa lainnya seperti KTM, Husqvarna, Beta, Sherco, dan Gas Gas. Lima brand yang saya sebutkan belakangan banyak memproduksi motor spec kompetisi, sedangkan AJP lebih memilih segmen leisure dengan harga yang tentunya jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan motor-motor buatan KTM, Husqvarna, Beta, Sherco, dan Gas Gas. Bahkan untuk urusan mesin, AJP nggak mengembangkan sendiri, melainkan mengambil mesin dari sejumlah supplier seperti Zongshen (China) dan Speedy Working Motorcycles/SWM. Nah, baru-baru ini AJP merilis motor PR7 Adventure generasi terbaru. Seperti apa penampilan, spesifikasi, dan fiturnya?

Kalau melihat sekilas sebenarnya nggak ada perbedaan yang sangat signifikan antara PR7 Adventure generasi terbaru ini dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Sebagai motor petualang, PR7 Adventure masih memiliki aura dirt bike yang sangat kuat. Lihat saja fisik body sangat mirip dengan dirt bike, hanya saja headlight dibikin ala motor balap rally lengkap dengan tower navigasi, kemudian knalopot juga identik dengan motor rally. Salah satu hal yang menarik, kalau motor rally tower navigasinya diisi oleh road book sebagai panduan rute, PR7 Adventure menggunakan sistem navigasi yang jauh lebih modern. Nggak tanggung-tanggung, AJP melengkapi dashboard PR7 Adventure dengan gadget Android bermerek Samsung Galaxy S6. Ini bukan gadget terbaru Samsung, tapi paling nggak Samsung Galaxy S6 pernah jadi gadget fenomenal pabrikan Korea. Gadget ini di-mounting sedemikian rupa di tower PR7 Adventure sehingga melekat sangat kuat, tidak perlu khawatir gadget terpelanting saat motor jatuh, dan nggak perlu khawatir pula dicuri oleh orang. Rider PR7 Adventure bisa mendownload berbagai macam software navigasi (GPS) sesuai dengan pilihan mereka ke dalam gadget atau bisa juga memanfaatkan software GPS standar, Garmin, atau TomTom yang sudah terpasang di Samsung Galaxy S6 tersebut.

Nah… Engineer AJP merancang PR7 Adventure agar menjadi motor petualang yang ringan, lincah, ringkas, dan mampu melibas medan off-road dengan sangat baik. Nggak heran kalau akhirnya desain ala dirt bike yang dipilih. Mau tahu bobotnya berapa? Cuma 145 kg! Untuk ukuran motor adventure bobot segitu memang sangat ringan. Bahkan lebih ringan dibandingkan dengan Honda CRF250RALLY yang beratnya tembus 155 kg. Meskipun berorientasi dirt bike, PR7 Adventure juga dirancang agar bisa membawa bagasi. Artinya, motor ini nggak masalah jika dipasangi pannier dan sejenisnya.

Di sektor mesin, AJP masih mempercayakan mesin 600 cc satu silinder dengan sistem pembakaran injeksi buatan Delphi. Mesin ini bisa dihidupkan menggunakan electric starter sehingga sangat memudahkan bagi penunggangnya. Kalau nggak salah basis mesin PR7 Adventure didapatkan dari SWM yang cukup identik dengan mesin milik motor SWM SuperDual. Kemudian sasis PR7 Adventure terbuat dari bahan komposit yang merupakan campuran antara aluminium dan besi, swing arm aluminium, dan suspensi buatan Sachs. Ketinggian jok motor ini relatif tinggi, mencapai 920 mm. Rider asal Indonesia berpotensi banyak yang jinjit balet saat nunggang PR7 Adventure. Terakhir untuk urusan ban, motor ini pakai ukuran 90/90 dengan velg 21 inch di bagian depan dan 140/80 lengkap dengan velg 18 inch di bagian belakang.

Apakah PR7 Adventure bakal masuk ke Indonesia mas? Kalau masalah ini kemungkinan peluangnya kecil. Sebenarnya brand AJP ada distributor resminya di Indonesia, yaitu Bruder Motorsports Internasional, dengan basis di Bali. Perusahaan yang sama juga memasukkan motor Beta ke Indonesia. Tapi sejauh ini yang sudah dimasukkan oleh Bruder ke Indonesia adalah motor enduro dan supermoto dari klan PR4 dan PR5. Itupun nggak begitu jelas apakah masih dijual atau nggak.

Advertisements