Honda CRF230F di Indonesia Harga Bekasnya Masih Lumayan Tinggi

Walaupun nggak masuk ke Indonesia secara resmi lewat Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM), dalam hal ini PT Astra Honda Motor (AHM), tapi popularitas Honda CRF230F di kalangan penggemar off-road Tanah Air tergolong tinggi. Kenapa kok bisa populer? Ini mungkin lho ya… Pertama karena mereknya Honda, kedua karena mesin CRF230F masih tergolong sederhana sehingga biaya perawatan dan suku cadang relatif murah, suku cadang gampang dicari, motornya bandel dan nyaman, serta power dan torsi CRF230F cukup untuk bermain fun off-road seperti yang kebanyakan dilakukan di Indonesia. Maksudnya power dan torsi cukup itu berarti nggak berlebihan yang justru menyulitkan rider dalam mengendalikan motor dan nggak mellow juga.

Biasanya CRF230F masuk ke Indonesia lewat importir umum. Motor ini didatangkan dari sejumlah negara, misalnya Brazil sebagai negara asal produksi atau Australia yang menjadi negara tetangga kita. Sudah lazim importir umum mengambil motor dari mana saja. Nggak peduli dari negara asal produksi maupun negara-negara lain yang sudah menjual motor tersebut. Yang penting bisa dapat unit dan bisa dijual kembali. Dalam kondisi normal CRF230F baru model year 2018/2019 dijual di Indonesia dengan kisaran harga Rp 85 juta off the road. Masing-masing penjual punya harga sendiri yang dipatok, tapi naik-turunnya nggak jauh-jauh dari angka Rp 85 juta. Untuk mendapatkan unitnya pun gampang-gampang susah. Terus gimana kalau CRF230F baru dirasa kemahalan? Solusinya adalah membeli versi bekas alias second hand. Berapa sih harga CRF230F seken?

Sayangnya harga jual seken CRF230F juga nggak bisa dibilang murah. Depresiasi motor yang satu ini tergolong kecil. Contohnya saja SGM MX Store yang ada di Jawa Barat menjual CRF230F model year 2013 dalam kondisi mulus, masih standar (belum dioprek), dan semua bagian motor berfungsi normal dengan bandrol harga Rp 56 juta. Saya sih cukup yakin dulu di tahun 2013 harga CRF230F juga bukan Rp 85 juta seperti sekarang. Pasti lebih murah lagi. Ya namanya jual beli motor seken harganya sangat tergantung dari tahun produksi dan juga kondisi motor. Motor lebih muda atau yang kondisinya terawat baik tentu lebih mahal, begitu pula sebaliknya. Jadi sekarang temen-temen sudah punya sedikit gambaran ketika ingin meminang CRF230F seken. Motor lansiran 2013 saja masih Rp 56 juta, gimana yang lebih muda ya… Hehehe…

 

View this post on Instagram

 

A post shared by rino sanjaya (@sgm_mx_store_official) on

Oh ya… Di waktu-waktu yang akan datang kemungkinan besar market motor off-road di Tanah Air dimeriahkan oleh generasi penerus CRF230F, yaitu CRF250F. Sebagai motor generasi baru, CRF250F memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan dengan CRF230F, antara lain menggunakan basis mesin yang sama dengan CRF230F namun kapasitas mesin dinaikkan menjadi 249 cc, sistem pembakaran injeksi, suspensi depan masih sama teleskopik tapi dengan diameter yang lebih besar, sasis baru, bodywork baru, dan rem sudah cakram depan-belakang. Jadi secara penampilan CRF250F jauh lebih gagah dan keren, plus tenaga dan torsi mesin juga lebih gede. Harganya? CRF250F mulai dipasarkan oleh sejumlah penjual di Indonesia dengan bandrol harga Rp 100 juta off the road.

Advertisements