• Home »
  • Article »
  • Red Bull KTM Hanya Kirim Dua Rider di Abu Dhabi Dessert Challenge 2019

Red Bull KTM Hanya Kirim Dua Rider di Abu Dhabi Dessert Challenge 2019

Musim kompetisi balap rally dunia (FIM Cross-Country Rallies World Championship) 2019 akan segera dimulai dalam beberapa hari ke depan. Seri perdana digelar di Abu Dhabi dengan nama judul kompetisi yang cukup familiar, yaitu Abu Dhabi Dessert Challenge yang memasuki gelaran ke-29. Tim balap yang rata-rata sudah puas beristirahat setelah mengikuti Rally Dakar 2019 pun mulai bersiap menghadapi iklim kompetisi yang cukup sengit. Pabrikan motor asal Austria melalui tim Red Bull KTM Rally Factory Racing nggak mau ketinggalan mengikuti kompetisi balap rally dunia yang akan dimulai pada 30 Maret 2019 tersebut. Sayangnya, tim orange nggak bisa datang ke Abu Dhabi dengan kekuatan penuh. Dari total empat rider yang dimiliki Red Bull KTM Rally Factory Racing hanya ada dua rider yang dikirim ke Abu Dhabi. Apa penyebabnya?

Menurut rilis resmi yang saya terima dari KTM Factory Racing, tim Red Bull KTM Rally Factory Racing berangkat ke ibu kota Uni Emirate Arab hanya dengan membawa Sam Sunderland dan Luciano Benavides. Sam Sunderland merupakan juara Rally Dakar 2017 sekaligus peraih podium di Rally Dakar 2019. Nggak ada yang meragukan Sam Sunderland di ajang balap rally. Dia kemudian ditemani oleh Luciano Benavides yang baru saja membela Red Bull KTM Rally Factory Racing mulai tahun 2019 ini. Sebelumnya Luciano Benavides bernaung di tim junior KTM Rally Factory Racing. Sementara itu, sang juara Rally Dakar 2019 Toby Price dan juara Rally Dakar 2018 Matthias Walkner harus absen karena sedang dalam proses recovery dari cidera.

“Aku selalu menantikan berangkat ke Abu Dhabi, ini seperti balapan kandang buatku. Aku merasa percaya diri dengan gurun di sana dan pernah meraih sejumlah kesuksesan di Abu Dhabi Dessert Challenge sebelum akhirnya menang pada tahun 2017. Sayangnya beberapa rekan setimku tidak hadir di sana karena mereka masih melakukan recovery dari cidera setelah balap di Dakar,” ungkap Sam Sunderland, rider asal Inggris yang tinggal di Abu Dhabi.

Menurut rencana, Abu Dhabi Dessert Challenge 2019 berlangsung selama lima hari dengan total jarak tempuh sejauh 2.000 km melewati Gurun Liwa. Para rider yang bernaung di tim Red Bull KTM Rally Factory Racing dipastikan akan dibekali dengan motor KTM 450 RALLY generasi terbaru yang sukses memenangkan balap rally dunia pada 2018 dan Rally Dakar 2019. Selain berkompetisi, biasanya ajang balap rally dunia juga digunakan oleh para rider dan tim untuk menghadapi Rally Dakar di tahun berikutnya. Bukan rahasia lagi, Rally Dakar merupakan ajang balap rally kasta tertinggi. Bahkan gengsinya melebihi balap rally dunia.

“Aku merasa sangat baik sekarang, aku menghabiskan waktu istirahat selama tiga minggu setelah Dakar untuk bersantai dan menghabiskan waktu dengan teman dan keluarga, tapi waktu ini akan segera berakhir dan aku harus menggeber motor lagi. Hasil tes baru-baru ini di Maroko berjalan sangat baik, ini berguna untuk mendapatkan kecepatanku kembali di atas motor dan untuk mendapatkan feeling yang bagus di medan gurun,” kata Luciano Benavides.

Advertisements