• Home »
  • Article »
  • Motor Ini Lebih Cocok Sebagai Basis Trail Suzuki Penantang KLX150 & CRF150L

Motor Ini Lebih Cocok Sebagai Basis Trail Suzuki Penantang KLX150 & CRF150L

Setelah sekian lama menunggu, Suzuki Indonesia (Suzuki Indomobil Sales) akhirnya akan ikut bertarung di segmen motor dual purpose di Tanah Air. Sayangnya sejumlah selentingan kabar menyebut Suzuki nggak akan memasuki segmen yang benar-benar sama dengan Kawasaki KLX150 dan Honda CRF150L. Kalau motor keluaran geng ijo dan sayap mengepak lebih condong sebagai motor dual purpose bergaya dirt bike, Suzuki memilih menggunakan aliran yang berbeda. Motor dual purpose Suzuki lebih cenderung berorientasi aspal dengan kemampuan off-road yang minimalis. Unitnya sendiri mengambil basis dari motor China, Haojue NK150, dan sudah sering terpantau dalam pengetesan di wilayah Jawa Barat.

Memang ada sejumlah pihak yang menyambut baik langkah Suzuki memasukkan rebranding Haojue NK150 dan menjualnya sebagai DR150 di Indonesia. Namun bagi kalangan penggemar dirt bike, termasuk saya, tentu kurang happy dengan kabar ini. Meskipun saya sendiri cukup mengapresiasi seandainya nanti Haojue NK150 benar-benar dijual di sini dalam bentuk DR150! Saya sih lebih berharap motor dual purpose Suzuki Indonesia tetap berorientasi dirt bike. Basisnya bisa ambil dari dirt bike Suzuki yang sudah ada di pasar global. Misal ambil basis dari DR-Z125L yang sudah cukup legendaris di segmen motor off-road dunia!

Wujud DR-Z125L dari masa ke masa nggak mengalami perubahan yang cukup berarti. Tapi jangan salah, motor off-road pemula yang satu ini tetap kelihatan ganteng, keren, jangkung, dan gagah. Apalagi dibalut dengan warna dominan kuning khas dirt bike Suzuki. Padahal ukuran ban DR-Z125L hanya 16-19 inch. Kalau ngomingin ganteng-gantengan, DR-Z125L nggak kalah deh dibandingkan dengan KLX150 atau CRF150L. Gimana dengan mesin? Teknologi mesin tergolong mirip dengan KLX150 dan CRF150L yang pakai mesin SOHC 2-valve berpendingin udara. Walaupun kapasitasnya cuma 124 cc namun performanya bisa bejaban dengan KLX150 dan CRF150L. Terlebih ditunjang dengan sasis yang sangat ringan. Mau tahu berapa bobot DR-Z125L? Cuma 89 kg! Enteng banget kan?

Kalau Suzuki Indonesia berniat menggempur KLX150 dan CRF150L, mereka tinggal pakai basis DR-Z125L ini saja yang dinaikkan kapasitas mesinnya jadi 150 cc, ban yang masih berukuran 16-19 inch itu juga diganti dengan ukuran full size 18-21 inch biar lebih gagah lagi dan siap menghajar berbagai kondisi medan, upgrade rem belakang dengan model cakram, dan motor dipasangi lampu-lampu sehingga legal dipakai di jalan raya. Soal suspensi, Suzuki bisa memberikan opsi suspensi teleskopik dan upside down sekaligus. Mungkin yang agak ribet adalah mengubah sistem pembakaran karburator milik DR-Z125L dengan sistem pembakaran injeksi agar kekinian dan emisi gas buangnya sesuai dengan regulasi yang berlaku di Indonesia (Euro 3). Gimana Suzuki?

Advertisements