• Home »
  • Article »
  • Prediksi Jadwal Peluncuran Motor Trail 150 cc dari Yamaha Indonesia

Prediksi Jadwal Peluncuran Motor Trail 150 cc dari Yamaha Indonesia

Yamaha Indonesia diketahui sedang mengembangkan motor trail baru dengan kapasitas mesin 150 cc. Bakal jadi penantang baru bagi Kawasaki KLX150 dan Honda CRF150L nih gaes! Dalam beberapa waktu ke belakang, Yamaha Indonesia melakukan pengetesan terhadap dua motor trail yang sudah dijual di Eropa dan Amerika Selatan, yaitu WR125R (Eropa) dan XTZ 125 (Brazil). Bisa dibilang keduanya mengusung spesifikasi dan fitur yang lumayan bertolak belakang. WR125R tergolong sebagai motor trail entry level yang cukup advance dengan mengandalkan mesin SOHC LC4V (Liquid Cooled 4-Valve) lengkap dengan desain yang gahar, sedangkan XTZ 125 tampil lebih low profile menggunakan mesin SOHC 2-valve berpendingin udara. Basic motor manakah yang akan jadi pilihan Yamaha Indonesia? Kapan launching??

Motor trail entry level yang dipasarkan oleh Yamaha Indonesia nanti dipastikan diproduksi di Indonesia. Sampai saat ini memang belum ketahuan betul basic motor mana yang akan digunakan oleh Yamaha Indonesia, apakah menggunakan basic dari WR125R atau XTZ 125. Menurut saya, kalau Yamaha Indonesia ingin motor dengan spec yang jauh lebih unggul daripada KLX150 dan CRF150L, tentu pilihannya adalah WR125R yang dinaikkan kapasitas mesinnya jadi 150-155 cc. Toh basic mesin WR125R itu juga sudah dipakai oleh Yamaha Indonesia di lineup motor lainnya seperti V-Ixion, R15, MT-15, Xabre, dan MX-King. Tapi kalau Yamaha Indonesia pengen motor dengan biaya produksi yang rendah demi menekan harga jual biar nggak terlalu tinggi, maka pilihan akan jatuh kepada XTZ 125 yang juga dinaikkan kapasitas mesinnya jadi 150 cc. Toh baik KLX150 maupun CRF150L juga masih menggunakan mesin sederhana SOHC 2-valve berpendingin udara.

Terus kira-kira kapan motor trail murah Yamaha Indonesia dirilis mas? Sejauh ini dari foto-foto yang beredar di dunia maya, Yamaha Indonesia baru terpantau mengetes motor mentah WR125R yang diimpor utuh dari Eropa dan XTZ 125 yang didatangkan dari Brazil. Belum ketahuan seperti apa bentuk final motor trail dari tim biru. Prediksi saya Yamaha Indonesia bakal menggunakan desain sendiri, meskipun kemungkinan basic mesin menggunakan salah satu antara SOHC LC4V atau SOHC 2-valve air cooled. Intinya penampilan pasti berbeda dari WR125R atau XTZ 125. Belakangan sudah ada selentingan kabar yang menyebutkan bahwa wujud final motor trail Yamaha Indonesia diperkirakan akan menjalani pengetesan di jalanan sekitar kuartal keempat 2019. So, kalau nggak ada perubahan motor ini dirilis awal tahun 2020. Tapi jadwal ini bisa maju dan bisa juga mundur tergantung dari strategi perusahaan. Semangat menunggu ya guys!

Advertisements