The Maniac Sekarang Demen Geber Motor Trail KTM dan Husqvarna!

Kenal dengan The Maniac atau Maniac Joe? Yups, itu adalah sebutan lain bagi Andrea Iannone, pembalap MotoGP asal Italia yang sekarang bernaung di tim Aprilia Racing Team Gresini. Sudah lazim bagi kebanyakan pembalap MotoGP, nggak terkecuali Andrea Iannone, biasa memanfaatkan waktu luang dengan mengendarai motor trail, baik itu tipe motocross ataupun enduro. Umumnya pembalap MotoGP mengendarai motor trail untuk menjaga dan meningkatkan stamina karena lumayan memforsir tenaga, meningkatkan skill, dan ada juga yang hanya sekedar refreshing. Bagi pembalap MotoGP di tim Honda, Yamaha, Suzuki, dan KTM tentu nggak sulit mendapatkan motor trail, soalnya masing-masing pabrikan itu juga memproduksi motor trail. Tapi bagaimana dengan Andrea Iannone di mana Aprilia nggak memproduksi motor trail? Pakai motor apakah dia?

Sebenarnya kasus yang dialami oleh Andrea Iannone di Aprilia nggak berbeda jauh dibandingkan dengan ketika dia masih di Ducati. Ducati nggak memproduksi motor trail kok, tapi Iannone sering menggeber motor garuk tanah Yamaha YZ250F/YZ450F. Nggak tahu apa pertimbangan Iannone saat itu sampai dia memutuskan menggunakan motor tipe cross dari Yamaha. Satu hal yang pasti, Maniac Joe sering terpantau menggunakan motor trail biru yang sudah diubah decalnya dengan warna kombinasi hitam-kuning khas Iannone. Kemudian saat berada di tim Suzuki doi nggak repot mencari motor trail lantaran Suzuki menyediakan RM-Z250/RM-Z450 yang bisa dipakai oleh Iannone di sirkuit motocross.

Saat pindah ke Aprilia mulai musim 2019 ini, Maniac Joe kembali berganti tunggangan motor trail. Dalam postingan di akun Instagram miliknya, Iannone terpantau pernah menggunakan motor trail KTM. Persisnya nggak tahu itu motor apa. Yang pasti motor itu tanpa dilengkapi lampu-lampu (asumsinya tipe motocross) dan menggunakan mesin 2-tak. Leher knalpot yang menggelembung khas banget motor 2-tak. Kemungkinan besar sih KTM 250 SX. Nah, menariknya di postingan lain doi juga mengupload foto sedang menungang motor trail Husqvarna. Lagi-lagi nggak kelihatan jelas tipe apa, dan apakah menggunakan mesin 2-tak atau 4-tak. Fotonya nggak full, hanya separo. Hanya terlihat frame warna putih khas Husky plus tulisan dan logo Husqvarna di knalpot. Namun melihat kegemaran Iannone bermain cross, kemungkinan besar itu Husqvarna TC atau FC series, bukan tipe enduro TE dan FE!

Kemungkinan bagi tim MotoGP yang pabrikannya nggak memproduksi motor trail, mereka membebaskan pembalap menggunakan motor dari brand mana saja. Mau gimana lagi, timnya nggak punya kok… Toh itu juga dipakai bukan di event resmi. Hal yang sama juga pernah terjadi pada Casey Stoner waktu masih aktif menjadi pembalap Ducati maupun saat menjadi brand ambassador Ducati. Stoner waktu itu memilih menggunakan motor trail buatan KTM. Beda ceritanya dengan Marc Marquez yang selalu terpantau menggeber motor Honda CRF450R & CRF450RX atau Valentino Rossi yang selalu setia dengan Yamaha YZ250F dan YZ450F.

Advertisements