• Home »
  • Article »
  • AHM Bakal Luncurkan Motor Baru di IIMS 2019, Mungkinkah Honda X-ADV?

AHM Bakal Luncurkan Motor Baru di IIMS 2019, Mungkinkah Honda X-ADV?

Belakangan cukup santer tersiar kabar yang menyebutkan bahwa PT Astra Honda Motor (AHM) akan meluncurkan motor baru di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019. Menurut informasi dari Pak Ahmad Muhibbudin selaku General Manager Corporate Communication PT AHM yang saya kutip dari detikOto, motor baru ini adalah motor yang tipenya belum pernah ada di Indonesia dan bakal sangat wow! Namun sayangnya Pak Muhibbudin masih belum mau buka suara mengenai varian motor Honda yang akan diluncurkan di IIMS pada 25 April sampai dengan 5 Mei 2019 nanti. Kira-kira motor apa ya?

Kalau melihat clue yang diberikan berupa tipe motor ini belum pernah ada di Indonesia dan bakal sangat wow, bukan mustahil kalau motor baru yang akan dirilis oleh AHM di IIMS 2019 nanti adalah scooter petualang. Siapa lagi kalau bukan Honda X-ADV yang sudah malang-melintang di Benua Eropa. Kenapa bisa dibilang wow? Karena garis desainnya memang benar-benar seperti motor petualang yang garang, tapi secara umum wujudnya mirip dengan scooter. Kemudian X-ADV sudah dilengkapi dengan sistem transmisi DCT (Dual Clutch Transmission). Artinya, perpindahan gigi X-ADV bisa dilakukan secara otomatis, nggak dilengkapi tuas kopling, dan nggak dilengkapi dengan tuas gigi yang biasanya berada di kaki. Meskipun demikian, rider masih bisa memindahkan gigi secara manual melalui tuas yang ada di tangan. Fitur yang sama sebenarnya juga sudah ada di sejumlah motor Honda lainnya seperti NC750 series, NM4 Vultus, dan CRF1000L Africa Twin.

Oh ya… Secara garis desain X-ADV ini sedikit banyak ada kemiripan dengan Africa Twin. Hal ini memang nggak mengherankan karena desainer dua motor ini memang sama. Keduanya dikembangkan di pusat riset Honda yang berada di Italia. X-ADV pun sudah pernah nongol di Indonesia, persisnya di IIMS 2018. Saya melihat langsung motor ini waktu itu. Memang keren banget kok! Tapi waktu di IIMS 2018 X-ADV tidak dijual resmi oleh AHM. Hanya untuk tes pasar. Mungkin setelah memajang X-ADV di IIMS 2018, AHM sudah menerima banyak permintaan untuk menjual resmi motor ini sehingga X-ADV berpotensi diluncurkan resmi di IIMS 2019 nanti. Semoga saja!

“Kami ada model baru nanti. Overall kami akan menampilkan sekitar 30 unit motor di IIMS 2019. Produk barunya apa? Motor ini yang pasti belum pernah ada di market Indonesia. Bisa dibilang sesuatu yang baru di segmen motor di Indonesia. Pastinya bakal asyik dipakai berkendara. Official baru di IIMS nanti, sekalian juga pengumuman harga dan membuka kran pemesanan untuk konsumen. Motornya pasti wow!,”ungkap Pak Muhib.

Advertisements