• Home »
  • Article »
  • Diablo Luncurkan Motor Trail 105 cc 2-Tak, Tenaga Diklaim Tembus 30 HP!!

Diablo Luncurkan Motor Trail 105 cc 2-Tak, Tenaga Diklaim Tembus 30 HP!!

Brand motor lokal asal Semarang, Diablo, kembali bikin ulah nih guys… Setelah meluncurkan motor trail Diablo 200x generasi terbaru yang menggunakan mesin mirip Honda CRF230F plus segudang fitur, termasuk suspensi yang semuanya full adjustable, kali ini Diablo kembali meluncurkan motor trail baru. Bedanya kalau Diablo 200x menggunakan mesin 4-tak, motor trail baru pakai mesin 2-tak dan diberi nama Diablo 105x. Dari namanya juga udah jelas banget kalau motor ini menggunakan mesin 105 cc. Terus seperti apa detailnya? Check this out guys!

Secara desain, penampilan Diablo 105x bisa dibilang oke… Cakep, ramping, dan terlihat mungil karena memang dia pakai ban mid size, ring 16 inch di bagian belakang dan ring 19 inch di bagian depan. Rangkanya sendiri menggunakan model central tube ala motor trail KTM sehingga terlihat ringkas namun keren, suspensi depan upside down, dan suspensi belakang mono shock tanpa linkage. Jadi suspensi belakang ini langsung bertemu dengan swing arm. Mirip-mirip dengan teknologi PDS-nya KTM lah… Terus rem depan-belakang sudah menggunakan cakram yang berdiameter 240 mm. Asyiknya, swing arm Diablo 105x pun sudah terbuat dari bahan aluminium yang ringan. Nggak heran kalau bobot total motor ini sangat enteng, hanya 85 kg belum termasuk oli dan bahan bakar. Namun kapasitas tangki bahan bakar Diablo 105x nggak bisa dibilang gede, cuma 4 liter.

Lanjut ke sektor mesin… Bisa dibilang ini yang sangat istimewa. Mesin mungil 105 cc satu silinder 2-tak milik Diablo 105x diklaim mampu memuntahkan tenaga sebesar 30 HP pada 12.000 rpm. Apa nggak sadis nih?? Asli gede banget tenaganya untuk ukuran mesin semungil ini, meskipun nggak bisa dipungkiri tenaga maksimal motor baru keluar di putaran mesin yang sangat tinggi. Rasa-rasanya karakter mesin seperti ini lebih cocok dipakai di sirkuit motocross ya daripada di lintasan off-road (trabas)… Dua hal lagi yang cukup menarik, mesin Diablo 105x dibekali dengan sistem transmisi manual 6-percepatan dan motor ini sudah menggunakan sistem kopling hidrolis alias nggak pakai kabel kopling lagi. Mungkin satu yang masih agak kurang… Untuk menghidupkan mesin, Diablo 105x hanya dibekali dengan kick starter tanpa ada electric starter.

Info yang saya dapatkan menyebut Diablo 105x dijual dengan harga Rp 35 juta off the road tanpa surat-surat. Dengan spesifikasi mesin yang tergolong gila, menurut saya angka Rp 35 juta cukup pantas, terutama bagi kalangan orang tua yang ingin mengajari anak-anaknya yang masih remaja bermain motor trail di sirkuit motocross alias menjadi pembalap motocross. Dari segi dimensi motor ini memang cenderung buat anak-anak yang mulai beranjak remaja. Kalau buat off-road atau trabas, apalagi buat rider dewasa, menurut saya Diablo 105x kurang cocok, kecuali kalau Diablo mencangkokkan mesin yang sama ke rangka Diablo 200x yang lebih besar dan dibekali dengan ban ring 18-21 inch, kemudian mesin juga di-tuning ulang agar cocok di medan off-road. Tenaga nggak perlu 30 HP, di bawahnya nggak masalah, yang penting tenaga dan torsi maksimal sudah keluar di putaran mesin yang rendah. Gimana guys, ada yang tertarik meminang Diablo 105x? Silahkan menghubungi channel penjualan Diablo terdekat di kota anda!

Advertisements