• Home »
  • Article »
  • Pol Tarres Gabung dengan TTR Rigamonti Team untuk Kompetisi WESS 2019

Pol Tarres Gabung dengan TTR Rigamonti Team untuk Kompetisi WESS 2019

Kenal dengan Pol Tarres? Mungkin sebagian besar penggemar extreme enduro di Indonesia masih banyak yang asing dengan nama yang satu ini. Maklum, nama Pol Tarres lebih banyak dikenal di kompetisi trial dunia. Pol Tarres baru masuk ke ajang balap extreme enduro sejak beberapa tahun terakhir. Namun namanya langsung cukup moncer saat membela Beta Factory Racing karena mampu memberikan perlawanan yang sengit kepada atlet-atlet yang sudah mapan di sejumlah kompetisi seperti extreme enduro seperti Extreme XL Lagares, ErzbergRodeo, dan lain-lain. Sayangnya perjalanan Pol Tarres dengan Beta tidak berlangsung lama. Kalau nggak salah hanya satu tahun. Tahun 2018 yang lalu Pol Tarres bergabung dengan tim privateer Sixlyon yang mengandalkan motor buatan Husqvarna. Bersama Sixlyon ternyata prestasi Pol Tarres semakin moncer. Buktinya dia sukses masuk posisi 10 besar di kompetisi Extreme XL Lagares 2018 di Portugal dan finish kesembilan di kompetisi ErzbergRodeo 2018 di Austria. Masih belum puas, Pol Tarres juga sukses di kompetisi SuperEnduro 2019 dengan menempati posisi keempat di akhir musim. Meskipun demikian, perjalanan Pol dengan Sixlyon Team harus berakhir karena sudah ada pengumuman bahwa Pol menandatangani kontrak dengan TTR Officine Rigamonti Team untuk berkompetisi satu musim penuh di ajang balap World Enduro Super Series (WESS) 2019.

Sekedar informasi, TTR Officine Rigamonti Team merupakan tim balap yang berasal dari Italia. Tim ini dimiliki oleh mantan empat kali juara World Enduro Championship (EnduroGP) Mario Rinaldi. Menurut rencana TTR Officine Rigamonti Team akan menggunakan jasa tiga orang pembalap di kompetisi WESS 2019 nanti. Selain Pol Tarres yang menjadi pembalap utama juga ada Enrico Rinaldi yang notabene anak dari pemilik TTR Officine Rigamonti Team, serta Alessandro Azzalini. Motor yang digunakan oleh para pembalap TTR Officine Rigamonti Team tetap berasal dari brand Husqvarna. Jadi buat Pol Tarres pun nggak akan repot melakukan penyesuaian karena sebelumnya sudah pernah menggeber motor-motor enduro Husqvarna.

Menurut Manajer TTR Officine Rigamonti Team Thomas Gianotti, sebagai pembalap yang paling senior dan paling berpengalaman, tentu saja Pol Tarres didaulat sebagai pembalap nomor satu di dalam TTR Officine Rigamonti Team. Oleh karena itu Gianotti juga berharap Pol Tarres bisa masuk ke dalam posisi lima besar di sejumlah serial balap WESS 2019 yang totalnya ada delapan seri. Sementara itu Enrico Rinaldi yang selama ini membalap di kelas junior EnduroGP dan Alessandro Azzalini yang sudah pernah mengikuti sejumlah kompetisi extreme enduro diharapkan bisa memberikan kejutan melalui determinasi dan kecepatannya. Dengan usia yang masih sangat muda, Gianotti menyebut kedua pembalap belianya itu bisa belajar dan beradaptasi dengan cepat.

“WESS benar-benar balap enduro campuran dan membutuhkan berbagai macam skill. Aku merasa kami memiliki pembalap dalam tim yang bagus untuk memenuhi tantangan di WESS. Secara alamiah Pol Tarres adalah pembalap nomor satu kami. Kami harap dia dapat masuk ke posisi lima besar di sejumlah seri balap. Kemudian baik Azzalini maupun Rinaldi, semuanya masih muda, tetapi punya determinasi untuk belajar secepat mungkin. Aku yakin mereka dapat beradaptasi dan mengejutkan banyak orang dengan kecepatannya sepanjang musim nanti. Kami sangat menantikan dimulainya kompetisi di Extreme XL Lagares,” ungkap Gianotti.

Rencananya WESS 2019 digelar sebanyak delapan seri yang merupakan campuran antara balap extreme enduro, classic enduro, dan cross-country. Beda dengan WESS 2018 yang punya kompetisi beach race, di musim 2019 beach race ditiadakan. Sebagai gantinya kompetisi extreme enduro lebih mendominasi. Dari total delapan seri WESS 2019, extreme enduro digelar sebanyak lima seri (Extreme XL Lagares, ErzbergRodeo, Hixpania, Romaniacs, GetzenRodeo), classic enduro dua seri (Trèfle Lozérien AMV, BR2 Enduro Solsona), serta cross-country sebanyak satu seri (Hawkstone Park Cross Country). Seri perdana WESS 2019 akan digelar di Extreme XL Lagares (Portugal) pada 10-12 Mei 2019.

Advertisements