Dua Rider KTM Kuasai Klasemen Sementara Balap Rally Dunia 2019

Guys… Kita kembali membahas mengenai ajang balap rally dunia alias FIM Cross-Country Rallies World Championship 2019. Sebenarnya musim kompetisi FIM Cross-Country Rallies World Championship 2019 udah dimulai dengan seri perdana dilakukan di Uni Emirate Arab, persisnya di kompetisi Abu Dhabi Dessert Challenge, selama lima hari pada 31 Maret sampai dengan 4 April 2019. Jadi udah berlalu sejak beberapa hari yang lalu, eh malah lebih dari seminggu ya… Tapi karena kesibukan dan lain hal saya nggak sempat memberikan update mengenai kompetisi ini dengan cepat. Terus siapa yang menang di Abu Dhabi Dessert Challenge 2019?

Nggak bisa dipungkiri hanya ada tiga tim pabrikan yang ikut ambil bagian di seri perdana FIM Cross-Country Rallies World Championship 2019. Ketiga tim itu adalah Red Bull KTM Factory Racing, Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing, dan Monster Energy Honda Team. Sementara dua tim pabrikan yang lainnya yaitu Yamalube Yamaha Official Rally Team dan Sherco TVS Factory Rally Team nggak ikutan di sini, namun justru memilih tampil di Merzouga Rally 2019 yang jadwalnya bentrok dengan Abu Dhabi Dessert Challenge 2019. Lebih kacaunya lagi ketiga tim pabrikan yang tampil juga nggak bisa tampil full team. KTM misalnya hanya bisa membawa dua pembalap dari total empat pembalap yang dimiliki, yaitu Sam Sunderland dan Luciano Benavides. Toby Price dan Matthias Walkner harus absen karena cidera. Kemudian dari sisi Husqvarna cuma mengandalkan Andrew Short lantaran Pablo Quintanilla juga cidera. Terakhir Honda yang punya lima orang pembalap, di Abu Dhabi Dessert Challenge hanya menampilkan tiga pembalap, antara lain Kevin Benavides, Joan Barreda, dan Jose Ignacio Cornejo.

Pada dasarnya dalam balap yang berlangsung selama lima hari (lima stage) dengan jarak total hampir 2.000 km ini terjadi persaingan yang sangat sengit antara pembalap-pembalap KTM, Honda, dan Husqvarna. Bahkan semua pembalap yang dibawa oleh ketiga tim pabrikan terus bersaing menjadi yang tercepat memperebutkan kemenangan di setiap stage. Meskipun demikian, pada akhir lomba Abu Dhabi Dessert Challenge 2019 Sam Sunderland muncul sebagai pemenang dengan catatan waktu total 17 jam 46 menit 42 detik dalam balapan selama lima stage. Kemudian rekan satu tim Sam Sunderland, Luciano Benavides, juga tampil tidak kalah memikat. Luciano mampu meraih posisi kedua Abu Dhabi Dessert Challenge 2019, disusul oleh dua pembalap Honda Jose Ignacio Cornejo dan Kevin Benavides yang masing-masing mengisi posisi ketiga dan keempat, serta Andrew Short dari Husqvarna yang sukses berada di posisi kelima.

Klasemen Sementara FIM Cross-Country Rallies World Championship 2019:

  1. Sam Sunderland (Red Bull KTM Factory Racing)
  2. Luciano Benavides (Red Bull KTM Factory Racing)
  3. Jose Ignacio Cornejo (Monster Energy Honda Team)
  4. Kevin Benavides (Monster Energy Honda Team)
  5. Andrew Short (Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing)

Advertisements