• Home »
  • Article »
  • PT Roma Motor Utama Jadi Distributor Baru Beta Motorcycles di Indonesia

PT Roma Motor Utama Jadi Distributor Baru Beta Motorcycles di Indonesia

Hello guys… Sekitar tahun 2016 sampai dengan tahun 2017 brand motor Italia, Beta Motorcycles, eksis di Indonesia dengan memasarkan aneka macam motor enduro dan trial. Dua tipe motor ini memang jadi andalan Beta, nggak cuma di Indonesia tapi juga di pasar global. Waktu itu Beta dipasarkan di Indonesia oleh distributor resmi, yaitu Bruder Motorsport Internasional yang bermarkas di Bali. Namun seiring berjalannya waktu, eksistensi Beta di Indonesia dipertanyakan. Bisa dilihat pada tahun 2018 sampai 2019 nggak ada pergerakan sama sekali dari Beta. Di pasar global sudah bertebaran motor-motor enduro dan trial generasi terbaru dari Beta, tapi di Indonesia lineup motor baru ini nggak nongol batang stangnya. Nggak tahu apa alasannya… Kemungkinan karena persaingan di segmen ini benar-benar sangat keras. Maklum, Beta harus bersaing dengan brand-brand Eropa lainnya seperti KTM, Husqvarna, dan Sherco. Khusus KTM dan Husqvarna bisa dibilang namanya sudah sangat beken di sini dengan jumlah showroom yang lumayan banyak. Belum lagi ada persaingan dari pendatang baru Yamaha YZ series yang harganya sangat miring untuk ukuran motor built up.

Belakangan pada April 2019 ini eksistensi Beta di Tanah Air kembali menggeliat. Melaui akun Instagram @betamotorindonesia, Beta mulai menawarkan lagi produk-produk andalannya. Namun setelah saya telusuri, rupanya Beta di Indonesia sudah nggak dipegang lagi oleh Bruder Motorsport Internasional. Sebagai gantinya Beta didistribusikan oleh PT Roma Motor Utama dengan alamat Jalan Buaran Park No. 8 RT.04 RW.01, Buaran, Serpong, Tangerang Selatan. Mungkin saja Bruder sudah angkat tangan sehingga Beta diambil alih oleh pihak lain. Hal seperti ini di dunia otomotif nasional sangat lumrah kok. Coba saja cek sudah berapa kali Ducati, KTM, Husqvarna, atau Sherco berganti distributor sejak pertama kali masuk ke Indonesia. Sering guys!

Dari informasi yang saya dapatkan, PT Roma Motor Utama baru menjual beberapa tipe motor enduro Beta di Indonesia. Sejauh ini baru ada tiga varian, kombinasi antara mesin 2-tak dan 4-tak yang semuanya motor generasi terbaru model year 2019. Kalau tiga varian itu bisa terjual dengan baik dan diterima oleh pasar, bukan mustahil PT Roma Motor Utama akan menambah dengan varian-varian lainnya. Memang ada varian apa saja mas? Berapa pula harganya? Nanti tunggu update artikel berikutnya ya! Yang jelas harga motor Beta di Indonesia nggak murah, selevel lah dengan KTM dan Husqvarna, meskipun harga Beta masih di bawah dua brand tersebut.

Advertisements