Hadapi WESS 2019, Lars Enockl Pindah ke X-Grip Team Geber Husky

Lars Enockl, pembalap hard enduro independen yang pernah menggunakan motor KTM, sempat menjadi salah satu test rider dan ikut ambil bagian dalam pengembangan motor enduro KTM, dan musim lalu membela Gas Gas Factory Enduro Team, sekarang kembali berkelana pindah ke tim lain. Menjelang dimulainya kompetisi World Enduro Super Series (WESS) 2019, Lars Enockl mengumumkan bahwa doi akan bertarung bersama X-Grip Team. Menurut rencana Lars Enockl akan menggunakan motor buatan Husqvarna bermesin 2-tak. Kemungkinan motornya adalah Husqvarna TE 300i.

Siapa sih X-Grip? Jujur saja saya juga nggak begitu familiar dengan X-Grip. Tapi setelah browsing di dunia maya, diketahui bahwa X-Grip merupakan brand asal Austria yang fokus memproduksi ban dan mousse untuk kebutuhan motor trail, baik itu pada motor off-road maupun motocross. X-Grip Mousse boleh dibilang merupakan alat yang diciptakan untuk menggantikan peran dari ban dalam pada sebuah motor trail. Dengan dipasangnya alat ini ban motor trail yang biasanya dikurangi tekanan anginnya saat off-road bisa terbebas dari risiko kebocoran. X-Grip sendiri mengklaim bahwa mousse bisa bekerja dengan baik ketika motor digunakan di gurun pasir, off-road di hutan, maupun kondisi track sulit lainnya. Kebetulan X-Grip memiliki tim balap off-road sehingga pada tahun 2019 ini merekrut Lars Enockl menjadi salah satu pembalapnya yang akan bertarung di kompetisi WESS.

“Lars Enockl akan bergabung dengan X-Grip Team. Dia akan mengikuti ajang balap World Enduro Super Series (WESS) di bawah naungan bendera hijau (X-Grip),” ungkap X-Grip dalam pengumuman di akun Instagram.

Bagi Lars Enockl, saat bergabung dengan X-Grip Team nanti akan memberikan warna baru dalam perjalanan karirnya di kancah balap enduro atau lebih spesifik lagi hard enduro. Setelah cukup lama menggeber motor KTM sebagai pembalap independen, persisnya motor enduro 2-tak KTM 300 EXC, Lars Enockl sempat mencicipi rasa motor 2-tak milik pabrikan motor asal Spanyol, Gas Gas, yaitu Gas Gas EC 300 Racing. Di WESS 2019 mendatang Lars Enockl punya kesempatan menggeber motor enduro 2-tak lainnya, Husqvarna TE 300i. Walaupun secara official doi belum pernah bergabung dengan tim yang menggunakan motor Husqvarna, tapi sebenarnya motor Husqvarna bukanlah barang asing bagi Lars Enockl. Kenapa? Karena dia pernah menjadi test rider KTM. Dia juga yang menjadi salah satu orang yang ikut mengembangkan motor enduro 2-tak milik KTM, yaitu KTM 250/300 EXC TPI. Padahal motor-motor yang dilabeli Husqvarna dikembangkan dari basis motor KTM. Contohnya Husqvarna TE 250i dan Husqvarna TE 300i dikembangkan dari basis KTM 250 EXC TPI dan KTM 300 EXC TPI. So, mestinya salah satu test rider KTM 250/300 EXC TPI ini nggak akan kesulitan beradaptasi ketika menggeber Husqvarna TE 300i.

Advertisements