Honda CRF150L Ikut Bantu Dongkrak Angka Ekspor Astra Honda Motor

Yeaaah broo… Kemarin saya mendapatkan rilis resmi dari PT Astra Honda Motor (AHM) bahwasannya angka ekspor produk mereka mengalami peningkatan yang sangat signifikan pada kuartal pertama (Januari – Maret) 2019. Nggak tanggung-tanggung, ekspor motor yang dibukukan oleh AHM melesat 83% dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2018. Artinya, motor-motor buatan AHM yang diproduksi di empat pabrik yang tersebar di area Jakarta, Bekasi, dan Karawang nggak cuma laris-manis di dalam negeri, tapi juga bisa diterima dengan baik oleh konsumen di pasar internasional.

Selama periode Januari – Maret 2019, secara total AHM mengirimkan 58.654 unit motor ke luar negeri, naik drastis dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya dengan angka 32.089 unit. Menurut AHM, tren peningkatan ekspor motor sudah mulai terlihat sejak Januari dengan angka pengiriman sebanyak 17.300 unit, kemudian angkanya naik menjadi 20.035 unit pada Februari, dan naik lagi menjadi 21.319 unit pada Maret. Nggak bisa dipungkiri motor yang paling berkontribusi bagi ekspor AHM terdiri dari dua varian motor matic, yaitu Vario 125 dan Vario 150. Tapi jangan salah, motor trail CRF150L juga ikut ambil bagian dalam ekspor AHM lho!

Memang AHM nggak menyebutkan berapa angka ekspor yang dibukukan oleh CRF150L. Pastilah nggak semasif Vario series. Tapi kita patut bangga juga ya, motor trail buatan lokal bisa diterima di pasar luar negeri. Konon kabarnya dua negara yang menjadi tujuan eksport CRF150L adalah Bangladesh dan Filipina. Wajar kalau konsumen dari kedua negara itu ngiler dengan CRF150L, karena motor ini memiliki desain yang ciamik, suspensi depan sangat oke, mesin sudah menggunakan sistem pembakaran injeksi, dan sejumlah fitur lain yang lebih unggul dibandingkan dengan produk kompetitor. Kalau dibandingkan dengan Honda XR150L yang ada di Filipina, jelas Honda CRF150L buatan AHM jauh lebih kece…

Selain mengekspor Vario series dan CRF150L dalam bentuk utuh (CBU) ke sejumlah negara, motor-motor lain yang dikirimkan oleh AHM secara CBU antara lain BeAT series, Sonic 150R, dan CBR150R. Nggak cuma mengekspor dalam bentuk CBU, AHM ternyata juga mengekspor sejumlah varian motor dalam bentuk terurai (CKD). Dalam kurun waktu tiga bulan pertama 2019, total ada 56.780 set CKD yang dikirimkan oleh AHM ke mancanegara, antara lain Vietnam, Malaysia, Jepang, Thailand, dan Kamboja.

“Kami sangat mengapresiasi minat konsumen di luar negeri, terutama Filipina. Pada tiga bulan pertama 2019, kami menerima lonjakan permintaan dari negara ini. Kami berharap pencapaian positif ini dapat kami pertahankan hingga akhir tahun untuk seluruh ekspor motor Honda,” ungkap General Manager Overseas Business Division AHM Kurniawati Slamet.

Advertisements