Mulai Tahun 2020 Sampai 2024 Rally Dakar Pindah ke Arab Saudi

Guys… Ada kabar yang cukup mengejutkan nih dari ajang balap rally paling ganas sejagad, yaitu Rally Dakar… Kenapa? Karena setelah melakukan perjalanan panjang selama 10 tahun di Amerika Selatan, ajang balap Rally Dakar bakal pindah ke Timur Tengah, persisnya Arab Saudi, mulai tahun 2020 sampai dengan tahun 2024. Artinya Arab Saudi mendapatkan kontrak selama lima tahun dari penyelenggara Rally Dakar (Amaury Sport Organisation/ASO). Perpindahan lokasi dalam kancah balap Rally Dakar memang bukanlah hal yang baru. Dulu pertama kali balap ini digelar dari Eropa (Paris) menuju Afrika (Dakar). Makanya dulu ajang balap ini diberi nama Paris Dakar sebelum diganti dengan nama yang sekarang, Rally Dakar.

Sampai sekarang ASO belum memberikan keterangan detail mengenai perpindahan balap dari Amerika Selatan ke Timur Tengah. Namun yang pasti, ASO menjamin balapan akan semakin seru karena landscape yang akan dilalui belum diketahui dan kondisi medannya seperti apa belum dipetakan. ASO baru akan mengumumkan detail mengenai Rally Dakar 2020 di Arab Saudi dalam sebuah konferensi pers di Al Qiddiya, dekat dengan Riyadh yang menjadi Ibu Kota Saudi pada 25 April 2019. Melihat kondisi geografis Arab Saudi maupun Timur Tengah pada umumnya, bisa dipastikan Rally Dakar pada Januari 2020 mendatang akan didominasi oleh track dengan karakter gurun pasir.

Kita bakal lihat deh, dengan pindahnya lokasi Rally Dakar dari Amerika Selatan ke Saudi, apakah KTM masih bisa mendominasi balapan ini selama lima tahun ke depan. Atau mungkin akan ada juara baru, ntah itu dari Honda, Yamaha, Husqvarna, Sherco, Gas Gas, atau Hero. Pasalnya, tim-tim lain selain KTM juga semakin kuat dari tahun ke tahun, khususnya Honda dan Yamaha. Apalagi Honda udah ngebet banget menjungkalkan dominasi KTM yang sudah sangat masif dan mengakar kuat di ajang balap Rally Dakar!

Advertisements