• Home »
  • Article »
  • Pembalap Rally Paulo Goncalves Hengkang dari Honda, Merapat ke Hero

Pembalap Rally Paulo Goncalves Hengkang dari Honda, Merapat ke Hero

Belakangan memang cukup banyak berita mengejutkan dari ajang balap rally. Setelah Amaury Sport Organisation (ASO) mengumumkan perpindahan Rally Dakar dari Amerika Selatan ke Arab Saudi mulai 2020 sampai dengan 2024, kini salah satu pembalap rally papan atas Paulo Goncalves juga mengumumkan perpindahan tim. Pembalap rally yang sudah sangat senior dan banyak makan asam garam ini cukup lama bergabung dengan HRC (Monster Energy Honda Team). Bahkan Paulo Goncalves juga menjadi salah satu pembalap yang ikut mengembangkan Honda CRF450 RALLY menjadi motor yang sangat kompetitif seperti sekarang. Namun, dari akun Instagram milik Paulo Goncalves, diketahui bahwa doi telah bergabung dengan Hero Motorsport Rally Team!

Ya memang belum diketahui sejak kapan kontrak Paulo Goncalves diputus atau tidak diperpanjang oleh Honda. Yang bisa dilihat sejak Rally Dakar 2019 berakhir, sudah tidak ada aktivitas lagi yang dilakukan oleh Goncalves dengan Monster Energy Honda Team. Misalnya saja di ajang balap Sonora Rally 2019 hanya Ricky Brabec yang bertanding. Kemudian di seri perdana FIM Cross-Country Rallies World Championship 2019 yang digelar di Abu Dhabi beberapa waktu yang lalu Honda juga hanya membawa Kevin Benavides, Joan Barreda, dan Jose Ignacio Cornejo. Bisa dibilang nggak ada lagi event Honda bareng Goncalves setelah Dakar. Mungkin kontrak Goncalves memang sudah berakhir setelah gelaran Rally Dakar 2019 yang lalu. Terus kenapa kok nggak diperpanjang ya? Asumsi saya karena usia Goncalves sudah semakin tua dan sering mengalami cidera. Di sisi lain sudah ada pembalap muda Jose Ignacio Cornejo yang selalu tampil gemilang di setiap event. Selain itu, Honda mungkin ingin merampingkan tim dari awalnya lima pembalap menjadi empat pembalap saja.

Meskipun tidak diperpanjang kontraknya oleh Honda, tapi Goncalves dengan cepat mendapatkan tim baru. Siapa sih Hero?? FYI aja ya guys, Hero merupakan salah satu pabrikan motor terbesar di India. Pada tahun 2017 Hero mulai ambil bagian di ajang balap rally melalui Hero Motorsport Team Rally. Untuk bertarung di Rally Dakar, Hero menggandeng tim balap Speedbrain. Speedbrain sendiri bukanlah tim yang asing di ajang balap rally. Sebelum menangani Hero Motorsport Team Rally, Speedbrain juga pernah menangani tim official Husqvarna. Selain itu, Speedbrain juga pernah bekerja sama dan menangani tim Honda di ajang balap rally dengan pembalap Joan Barreda dan Paulo Goncalves sebelum akhirnya tim Honda diambil alih sendiri oleh HRC (Honda Racing Corporation). Jadi bergabungnya Paulo Goncalves ke Hero juga sebagai ajang reuni dirinya dengan Speedbrain.

“Ini waktunya untuk tantangan baru. Pertama, aku ingin mengungkapkan rasa terima kasihku kepada Hero Motorsport yang telah mempercayakan satu tempat sehingga aku menjadi bagian dari tim luar biasa ini. Aku sangat gembira dan sangat termotivasi memulai perjalanan baru dengan seluruh anggota tim, aku berharap bisa berkontribusi terhadap tim dengan baik dan sesuai target,” ungkap Goncalves.

Hero sendiri sebenarnya sudah tampil cukup baik di Rally Dakar 2019. Kalau nggak salah masuk ke posisi 10 besar lewat pembalap Oriol Mena. Jadi tim ini bukan tim kaleng-kaleng walaupun sebagai pendatang baru. Dengan adanya Goncalves diyakini Hero akan semakin kuat di Rally Dakar mendatang. Maklum, pengalaman Goncalves di ajang balap rally itu banyak banget. Goncalves bisa memberikan masukan, baik itu kepada tim maupun dalam hal pengembangan motor, sampai dengan menjadi mentor bagi para pembalap Hero yang lebih muda. Semoga sukses Goncalves!

Advertisements