• Home »
  • Article »
  • Misal Suzuki DR150/Haojue NK150 Sukses, Honda Bisa Lawan dengan XR150L

Misal Suzuki DR150/Haojue NK150 Sukses, Honda Bisa Lawan dengan XR150L

Hello guys… Bisa dipastikan dalam waktu yang nggak terlalu lama lagi Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang menjadi ATPM Suzuki di Indonesia akan meluncurkan motor dual purpose baru. Motor ini diyakini bernama DR150 karena kode DR150 sendiri sudah nongol di situs Samsat Pajak DKI Jakarta dengan Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) sebesar Rp 23,5 juta. Itu merupakan angka yang dipatok oleh Suzuki dalam menghitung pajak dan biaya lain-lain. Harga retail di pasaran bisa dipastikan berada di atas angka NJKB. Kemungkinan masih di bawah Rp 30 juta sih… Oh ya, DR150 sendiri diprediksi mengambil basis dari motor asal Tiongkok Haojue NK150. Boleh dibilang Suzuki hanya melakukan rebranding Haojue NK150 menjadi Suzuki DR150. Siapa Haojue? Sudah sering dibahas di blog ini, Haojue merupakan rekanan Suzuki di China. Pabrikan yang satu ini juga memproduksi sejumlah motor Suzuki, sebut saja GSX-R250, V-Strom 250, dan Inazuma 250 yang pernah dijual di Indonesia.

Sebagai motor dual purpose, calon DR150 memang nggak bergaya dirt bike sama sekali. Beda dengan motor dual purpose lain yang sudah dijual di Indonesia seperti Kawasaki KLX150 dan Honda CRF150L. DR150 lebih condong sebagai street bike atau motor touring lah dengan sedikit aksen off-road. Aura dual purpose pada motor ini terlihat di bagian front fender yang ala-ala motor trail, kemudian pakai velg jari-jari, dan menggunakan ban dual purpose ring 17-19 inch. Dari penampilannya saja sudah terlihat kalau DR150 jauh lebih nyaman buat dipakai di jalan aspal maupun perjalanan jarak jauh ketimbang KLX150 atau CRF150L. Tapi konsekuensinya DR150 punya kemampuan minimalis di medan off-road. Kalau KLX150 dan CRF150L banyak diminati oleh konsumen dari kalangan penggemar off-road dan supermoto, kemungkinan besar DR150 menargetkan kalangan penggemar touring dan touring adventure. Sepertinya Suzuki benar-benar nggak mau kalau harus berdarah-darah head-to-head langsung melawan Kawasaki dan Honda. Suzuki memilih meluncurkan motor dual purpose dengan gaya dan market yang berbeda.

Sejauh ini penerimaan netizen terhadap DR150 alias Haojue NK150, khususnya yang berasal dari blog dan followers sosial media blog ini kurang bagus. Rata-rata mereka nggak suka dengan styling DR150. Tapi itu kan pendapat dari segelintir orang. Siapa tahu banyak orang di luar sana ternyata justru suka dengan DR150. Iya nggak? Saya juga yakin Suzuki sudah punya survei internal mengenai DR150. Misal ternyata DR150 banyak digandrungi oleh konsumen di Indonesia, bukan mustahil langkah Suzuki bakal diikuti oleh pabrikan lain. Pabrikan yang menurut saya paling siap menggempur DR150 jika nantinya sukses adalah Honda! Pakai apa? Tentunya adalah XR150L!!

Kenal dengan XR150L? Motor dual purpose yang satu ini bisa dibilang punya styling yang sangat mirip dengan DR150. Dari ujung depan sampai ujung belakang gayanya sangat mirip, mulai dari front fender tinggi khas motor trail, tangki besar, jok lebar dan nyaman buat boncengan, suspensi depan teleskopik, pakai velg jari-jari dan ban ring 17-19 inch, hingga rem belakang yang masih tromol. Terpantau beberapa negara yang menjual XR150L, antara lain Filipina dan China. Rasanya bukan perkara sulit bagi Honda memboyong motor ini ke Indonesia, bahkan memproduksinya secara lokal pun mampu. Desain secara keseluruhan bisa dipertahankan mirip seperti XR150L di China dan Filipina biar head-to-head dengan DR150, cuma mesinnya saja yang diganti dengan milik Verza/CRF150L yang sudah injeksi dan sudah diproduksi di Tanah Air.

Ngomong-ngomong soal harga, di Filipina XR150L dijual di angka Rp 24 jutaan. Tergolong murah ya? Di sana juga ada CRF150L yang diimpor utuh (CBU) dari Indonesia dengan harga Rp 37 jutaan. Misal Honda menjual motor ini di Indonesia, XR150L bisa diposisikan di bawah CRF150L. Logisnya tetap di bawah Rp 30 juta biar kompetitif melawan DR150. Tapi itu kan misalnya… Mungkin Honda malah belum berpikir ke arah sana atau setidaknya wait and see dengan langkah Suzuki yang akan merilis DR150 rasa China dalam waktu dekat. Toh DR150 juga belum tentu laris kan? Hehehe…

Advertisements