Motor Blasteran Jepang – Austria: Sasis CRF250R + Mesin KTM 125 SX

Yang namanya modifikasi itu bebas, suka-suka… Mau habis duit berapapun ya terserah yang modif. Bahkan kadang yang bikin geleng-geleng, biaya modifikasi bisa dua kali lipat atau lebih dari harga motor yang dimodif. Salah satu contohnya adalah yang dilakukan oleh Rappa Team. Nggak tanggung-tanggung, mereka memadukan antara sasis milik pabrikan Jepang dengan mesin asal Austria, sehingga terjadilah spesies baru blasteran antara Jepang dan Austria. Rappa Team menyebut spesies baru ini dengan nama Honda CR125 SX!

Bis dibilang ini adalah ide yang cukup gila… Rappa Team melakukan modifikasi dengan menggunakan dua bahan motor sekaligus dengan genre motocross, yaitu Honda CRF250R dan KTM 125 SX. Satunya motor 4-tak 250 cc dan motor satunya lagi dari Eropa pakai mesin 2-tak 125 cc. Asyiknya mesin CRF250R diturunkan total, nggak ada yang dipakai sama sekali. Rappa Team hanya mengambil bagian sasis lengkap dengan bodywork, suspensi, swing arm, roda, dan lain-lain dari motor Jepang tersebut. Intinya yang bagian besar yang dicopot hanya mesin. Di sisi lain, Rappa Team juga hanya mengambil mesin dari KTM 125 SX plus satu set knalpotnya. Mesin CRF250R diturunkan dan kemudian digantikan dengan mesin 2-tak milik KTM 125 SX.

Dari hasil swap engine itu maka jadilah motor yang diberia nama Honda CR125 SX model year 2019 oleh Rappa Team. Kenapa CR125? Bukan rahasia lagi CR125 merupakan motor tipe cross 2-tak legendaris buatan Honda di masa lampau. Motor ini sudah lama nggak diproduksi. Sekarang Honda cuma memproduksi motor trail dengan mesin 4-tak. Beda dengan pabrikan Eropa yang masih eksis dengan motor-motor trail 2-tak. Untuk mendapatkan CR125 yang masih utuh jelas bukan perkara mudah. Banyak yang sudah remuk redam, tapi nggak sedikit pula yang masih menyimpan sebagai barang koleksi. Yang pasti sekarang susah mendapatkan unit CR125. Maka dari itu, Rappa Team ingin menghidupkan kembali aura CR125 melalui motor garapan mereka. Caranya ya tadi, dengan menggabungkan antara sasis aluminium twin spar Honda yang terkenal anteng dan nyaman dengan mesin KTM 125 SX yang dikenal cukup buas.

Alasan lain dari Rappa Team kenapa mereka ogah pakai sasis KTM 125 SX dan memilih mencangkokkan mesin KTM 125 SX ke sasis full set Honda CRF250R adalah karena mereka malas mengencangkan kembali baut-baut yang ada di motor KTM setiap kali selesai latihan. Menurut mereka, baut-baut di motor KTM lebih gampang kendor. Di sisi lain Rappa Team nggak menemukan kendala itu di motor Honda, namun Honda nggak punya mesin 2-tak. Itu kata Rappa Team di akun Instagram @ilrappa lho. Bukan kata-kata dari saya. Saya cuma sedikit menyampaikan alasan dari sang modifikator, kenapa kok mereka sampai rela mengorbankan dua ekor motor untuk menjadi satu ekor motor. Just it!

Biaya yang dikeluarkan untuk membangun Honda CR125 SX jelas nggak murah sama sekali. Bayangin aja, kalian perlu membeli dua unit motor. Yang satu cuma diambil sasis full set, sedangkan yang satunya diambil mesinnya. Harga satu unit Honda CRF250R aja udah berapa, taruhnya RP 150-160 juta di sini, belum lagi harga KTM 125 SX yang pasti nggak kurang dari Rp 125 juta. Total udah Rp 175-185 juta. Asumsinya itu kalau semuanya beli dalam kondisi baru ya… Ditambah dengan biaya pasang dan biaya lain-lain, apes-apesnya habis Rp 300 juta lah… Kalau dipikir memang nggak rasional, tapi namanya modifikasi ya gitu, kadang suka di luar nalar akal sehat.

Advertisements