Trail Baru GPX Moto Bernama FSE250S, Tersedia Mulai Juli 2019

Di artikel sebelumnya saya membahas mengenai sosok motor trail baru GPX Moto yang kemungkinan besar juga akan masuk ke Indonesia dan dibandrol dengan harga Rp 30 jutaan. Motor ini akan menemani dua varian GPX yang sudah lebih dulu dijual di Tanah Air, yaitu TSE250R (2-tak) dan FSE250E (4-tak). Setelah ke sana ke mari mencari info, akhirnya diketahui bahwa trail baru GPX itu bernama FSE250S. Bisa dibilang FSE250S merupakan versi pahe dari FSE250E. Keduanya menggunakan basis mesin yang cukup identik, berupa mesin 250 cc 4-tak SOHC 2-klep dengan pendingin udara. Kabarnya mesin ini menjiplak dari Honda CRF230F yang dinaikkan kapasitasnya menjadi 250 cc, atau gampangnya menjiplak mesin Honda CRF250F kali yak… Terus kapan FSE250S dirilis?

Dari segi penampilan, FSE250S agak berbeda kalau dibandingkan dengan FSE250E, terutama di bagian bodywork. Sayangnya masih belum ada penjelasan detail kenapa harga FSE250S jauh lebih murah dibandingkan dengan FSE250E yang sekarang dijual dengan harga Rp 55 juta. Namun yang pasti, FSE250S tetap menggunakan suspensi depan upside down fully adjustable, suspensi belakang mono shock dengan linkage, dan rem depan-belakang sudah cakram. Kemudian di bagian mesin, FSE250S yang menggunakan sistem pembakaran karburator konvensional ini diklaim mampu memuntahkan tenaga hingga 20 HP. Menurut saya tenaga sebesar ini sudah lebih dari cukup untuk fun off-road ya, apalagi bobot FSE250S kemungkinan relatif enteng. Asyiknya lagi, FSE250S sudah dilengkapi dengan electric starter. Tinggal pencet tombol langsung gas!! Nggak perlu repot-repot menghidupkan mesin dalam kondisi apapun. Satu hal lagi yang nggak kalah menarik nih guys… Rencananya FSE250S ditawarkan dalam dua pilihan ukuran ban. Pertama menggunakan ban mid size 16/19 inch, sedangkan opsi kedua menggunakan ban full size 18/21 inch. Otomatis konsumen bisa memilih profil motor/ban sesuai dengan ketinggian tubuh masing-masing.

Dari informasi yang diberikan oleh Pitsterpro selaku pemilik brand GPX Moto, kabarnya FSE250S baru akan dirilis ke pasaran Amerika Serikat pada Juli 2019. Harga di Amerika Serikat ditetapkan sebesar US$ 2.699 atau setara dengan Rp 37-38 jutaan. Bagaimana dengan di Indonesia? Masih belum ada info dari Dr. No Offroad Industries yang notabene sebagai distributor resmi GPX di Indonesia. Namun Om Arnaud (boss Dr. No) bilang harga FSE250S akan berada di angka Rp 35 jutaan. Menurut saya harga itu masih tergolong masuk akal mengingat GPX bukanlah motor China yang kaleng-kaleng. Bahkan mungkin GPX itu motor China yang masuk tier 1. Perlu diingat, nggak semua barang dari China jelek. Ada harga ada rupa… Spesifikasi FSE250S pun sangat oke, mulai dari mesin, sasis, suspensi, hingga bobot… So, FSE250S layak ditunggu untuk menggedor market motor off-road entry level di Indonesia.

Advertisements